Kamis, 05 Sep 2019 19:29 WIB

Apakah Bisa Seorang Wanita 'Mimpi Basah' Seperti Pria?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi hubungan intim. Foto: iStock Ilustrasi hubungan intim. Foto: iStock
Jakarta - Mimpi yang berbau erotis bisa menyebabkan ejakulasi pada pria saat tidur atau yang kita sering sebut dengan 'mimpi basah'. Wanita tentu juga bisa bermimpi erotis, namun apakah juga bisa 'mimpi basah'?

Mimpi basah terjadi karena adanya proses orgasme. Menurut Vanessa Marin, terapis seks dan pendiri Finishing School, menyebutkan bahwa orgasme sebenarnya adalah proses yang terjadi di otak dan tidak membutuhkan stimulasi fisik agar bisa terjadi.

Saat tidur, baik pria maupun wanita bisa mengalami orgasme. Wanita memang tidak memiliki 'bukti' seperti celana basah pada pria, namun mereka juga bisa mengalaminya.

Dikutip dari HuffPost, sebuah studi terkait orgasme wanita saat tidur dilakukan oleh ilmuwan Barry Komisaruk dan Beverly Whipple. Mereka menemukan bahwa wanita bisa mengalami orgasme hanya dengan membayangkan sesuatu tanpa adanya stimulasi fisik.



"Yang kami temukan, cukup mengejutkan, adalah saat (wanita) membayangkan soal stimulasi pada area tubuh, area yang merespon dan area yang sesuai dari peta korteks sensorik diaktifkan seolah-olah mereka secara fisik merangsang wilayah tubuh tersebut," tutur Komisaruk.

Ditambahkan oleh Laurie Mintz, profesor psikologi dari University of Florida, bahwa orgasme melibatkan aliran darah pada jaringan ereksi (baik pada penis maupun klitoris). Saat tidur masuk ke dalam tahap REM, darah mengalir ke aringan tersebut, otak bisa mengenali hal ini dan dapat berubah menjadi rangsangan seksual dan akhirnya terjadi orgasme.

Ada wanita yang juga hanya bisa orgasme dalam keadaan tidur. Hal ini disebabkan saat berhubungan intim dalam keadaan sadar, ada banyak pertimbangan seperti 'Apa aku terlihat gemuk saat posisi ini?' 'Atau apakah aku bukan pencium yang handal?' sehingga mengurangi proses alamiah orgasme.

"Saat tertidur, tidak ada gangguan atau hal-hal yang dikhawatirkan atau yang kita sadari. Jadi jika seorang wanita bisa orgasme dalam tidurnya namun tidak ketika ia bangun, itu mengindikasikan mereka memiliki kesulitan untuk menyingkirkan distraksi dan pemikiran-pemikiran saat berhubungan intim," tandas Mintz.



Simak Video "Perilaku Seksual Paling Aneh: Terangsang Mesin dan Siput "
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)