Kamis, 12 Sep 2019 19:20 WIB

Nggak Cuma Wanita, Pria Juga Wajib Pipis Usai Bercinta

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pipis setelah bercinta dilakukan untuk menghindari risiko ISK. (Foto: Istock) Pipis setelah bercinta dilakukan untuk menghindari risiko ISK. (Foto: Istock)
Jakarta - Buang air kecil setelah bercinta tak hanya wajib dilakukan wanita saja, pria juga perlu. Pipis setelah bercinta dilakukan untuk menghindari risiko infeksi saluran kemih (ISK), baik pada pria maupun wanita.

Saat melakukan hubungan seks, bakteri dapat memasuki tubuh melalui vagina atau penis, jari-jari, bahkan mulut. Risiko terbesar jika tidak membersihkan diri setelah seks adalah infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri.

Mereka biasanya memasuki tubuh melalui uretra dan dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Meski risiko infeksi saluran kemih lebih besar pada wanita, bukan tak mungkin penyakit ini bisa menyerang pria juga.


Mengutip Healthline, gejala infeksi saluran kemih serupa untuk pria dan wanita. Termasuk didalamnya keinginan untuk pipis yang kerap kali muncul, tidak nyaman saat pipis, warna urin keruh atau berubah warna, hingga sakit perut dan pinggang bagian bawah. Pada pria, keluar cairan yang tidak biasa dari penis bisa mengindikasikan gejala ISK.

Oleh karenanya, sangat disarankan buang air kecil setelah bercinta. Kebiasaan ini dapat menghilangkan bakteri dari uretra. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan area genital.

Mencuci area vital sebelum dan sesudah seks sangat penting. Selain itu, jangan selalu memegang penis untuk menghindari penyebaran bakteri dan kuman.



Simak Video "Ini Bedanya Infeksi Saluran Kemih dengan Anyang-anyangan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)