Rabu, 18 Sep 2019 19:31 WIB

Sama Seperti Olahraga, Bercinta Juga Bisa Turunkan Risiko Sakit Jantung

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bercinta bisa mambantu menurunkan risiko penyakit jantung. (Foto: iStock) Bercinta bisa mambantu menurunkan risiko penyakit jantung. (Foto: iStock)
Jakarta - Seks tak hanya memiliki manfaat baik bagi hubungan suami-istri, namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan risiko serangan jantung, yang menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi hampir di seluruh dunia.

Dikutip dari Men's Health, alasan mengapa seks bisa menjadi penurun risiko serangan jantung adalah karena seks hampir sama seperti olahraga. Para peneliti menyebut aktivitas seksual terhitung sama seperti latihan aerobik dengan intensitas sedang yang bermanfaat menguatkan jantung, menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

"Seks merupakan olahraga low-impact yang hampir sama seperti berjalan kurang lebih 2km dalam 20 menit," tutur Alfred Casale, MD, ahli jantung di Geisinger.


Walau memang kasus serangan jantung sering ditampilkan terjadi saat seks dalam banyak film, faktanya kurang dari 1 persen serangan jantung terkait dengan aktivitas seksual. Sebuah studi menyebut bahwa pasangan yang bercinta dua kali seminggu atau lebih memiliki risiko serangan jantung lebih kecil ketimbang yang hanya melakukannya sekali sebulan atau bahkan lebih kurang.

Menurut Casale, untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut tentu harus memiliki kehidupan seksual yang sehat juga. Kehidupan seksual yang sehat bisa menjadi salah satu pelepas stres. Stres bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya serangan jantung.

Selain itu, seks juga membantu tubuhmu melepaskan senyawa kimia yang membuat merasa lebih senang dan juga merilekskan tubuhmu. Sehingga bisa membantumu tidur lebih nyenyak. Sudah banyak diketahui kualitas tidur yang buruk atau kurang tidur terkait dengan tekanan darah yang meningkat, obesitas, dan tentu saja, peningkatan risiko penyakit jantung.

Kamu juga bisa semakin menyehatkan jantung bersama pasangan dengan berpartisipasi dalam Jakarta Heart Bike 2019, dengan cara daftar di sini!



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)