Kamis, 19 Sep 2019 05:32 WIB

Menatap Payudara Bisa Perpanjang Usia, Hoax atau Fakta Ilmiah?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Informasi bahwa menatap payudara bisa memperpanjang usia dipastikan hoax (Foto: iStock) Informasi bahwa menatap payudara bisa memperpanjang usia dipastikan hoax (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah artikel menyatakan, menatap payudara dapat memperpanjang umur pria. Riset tersebut dikatakan dilakukan seorang ahli gerontologi (ilmu tentang lanjut usia) Dr Karen Weatherby di Jerman.

Dikatakan, dampak riset selama 5 tahun tersebut diamati dengan aerobik selama 30 menit. Riset yang disebut dipublikasikan di New England Journal of Medicine tersebut juga dikatakan bisa menurunkan tekanan darah, memperlambat detak jantung, dan menurunkan risiko penyakit arteri koroner.



Setelah ditelurusi, situs New England Journal of Medicine memang bisa ditemukan di internet. Namun studi tentang dampak melihat payudara pada umur pria tidak ditemukan.

Ahli gerontologi Dr Karen Weatherby yang disebut melakukan riset juga tidak ditemukan dalam situs tersebut. Dikutip dari liveaboutdotcom, artikel misinformatif ini muncul dalam situs Weekly World News, sebuah tabloid fiksi di Amerika Serikat yang sudah tidak terbit lagi.

Selain studi dan perisetnya yang tidak ditemukan, penelitian lain juga tak mendukung kebenaran memandang payudara wanita bisa memperpanjang umur pria. Dengan ini maka kebenaran riset memandang payudara wanita bisa memperpanjang umur pria dipastikan hoax.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)