Minggu, 29 Sep 2019 19:29 WIB

Biar Lebih Mudah Orgasme, Ini 5 Tips Buat Para Wanita

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi orgasme. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi orgasme. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Wanita kerap dikatakan punya peluang orgasme beberapa kali dalam hubungan seksual. Namun dalam beberapa kasus, wanita kesulitan merasakan kepuasan saat bercinta dengan pasangan.

Beberapa hal bisa menjadi penyebabnya yaitu tidak fokus pada kesenangan pribadi, beban mental, dan kondisi medis. Supaya wanita lebih mudah orgasme saat bercinta dengan pasangan, 5 cara ini bisa dicoba dikutip dari Woman's Health.


1. Kenali bagian tubuh yang spesial

Menurut psikolog klinis dan terapis seks Janet Brito, PhD, wanita bisa memulainya dengan mengenali tubuh sendiri. Sentuhan di bagian tubuh mana yang bikin terangsang, sensitif, geli, atau tidak nyaman.

Setelah mengetahui bagian tubuh yang spesial, jangan ragu menghabiskan lebih banyak waktu untuk foreplay. Agenda awalan sebelum bercinta dengan pasangan ini merangsang efek pada klitoris, yang dibutuhkan wanita untuk orgasme.

2. Masturbasi

Terapis seks dan hubungan bersertifikat Ian Kerner, PhD, menyarankan wanita tidak ragu masturbasi. Menyentuh diri sendiri memudahkan wanita tahu rangsangan seperti apa yang diinginkan atau harus dihindari supaya bisa orgasme.

"Wanita harus lebih berani untuk mengetahui sentuhan atau tekanan seperti apa yang diharapkan dari pasangan. Dengan mengetahui yang diinginkan, wanita bisa mengkomunikasikan dengan pasangan sehingga tak perlu merasa tertekan atau memalsukan reaksi orgasme," kata Kerner.

3. Ketahui G Spotmu

G Spot wanita sebetulnya tak hanya terletak di klitoris. Berbagai bagian di tubuh bisa menimbulkan kepuasan seksual bisa disentuh dengan tepat. Untuk mengetahui G spotnya, wanita jangan ragu bereksplorasi atau berfantasi.

"Wanita bisa membaca berfantasi, membaca novel erotis, dan menyaksikan materi seputar bercinta atau hubungan seksual. Jangan ragu menciptakan kondisi yang tepat untuk merangsang fisik dan mental supaya bisa orgasme," kata terapis skes Kat Van Kirk.

4. Bagaimana kondisi mentalmu?

Kondisi mental kerap menjadi faktor risiko yang mengakibatkan wanita tidak bisa orgasme. Meski secara fisik tidak ada yang perlu dikhawatirkan, wanita kerap tetap merasa gelisah hingga berdampak buruk pada kondisi seksualnya.

"Jangan ragu untuk lebih memahami kondisi mental sendiri, misal rasa cemas seputar seks dan hal yang memicunya. Rasa senang saat bersama pasangan seharusnya bisa menghapus semua kegelisahan wanita. Namun orgasme adalah pengalaman pribadi, yang hanya bisa dirasakan jika wanita merasa nyaman," kata Van Kirk.

5. Berkomunikasi dengan pasangan

Jika wanita menemukan berbagai hal yang bisa menciptakan gairah saat sedang sendiri atau bersama pasangan, jangan ragu mengkomunikasikannya dengan pasangan. Selain berkomunikasi, pastikan berekspresi saat berhubungan seks sehingga pasangan tahu berbagai hal yang bisa membuat pasangan senang.

"Komunikasi dan ekspresi verbal, gerakan tubuh, atau sentuhan memudahkan pasangan tahu yang diinginkan wanita. Hasilnya pasangan tahu bagaimana wanita ingin disentuh dan berbagai hal yang membantunya merasa puas," kata Brito.



Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/frp)