Minggu, 06 Okt 2019 19:07 WIB

Kapan Waktu yang Tepat Berhubungan Seks Lagi usai Melahirkan?

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Tak perlu buru-buru, beri waktu untuk pemulihan sehabis melahirkan (Foto: iStock) Tak perlu buru-buru, beri waktu untuk pemulihan sehabis melahirkan (Foto: iStock)
Jakarta - Sebagian pasangan cenderung mengurangi aktivitas seksual selama kehamilan sang istri karena takut berisiko terhadap kandungan dan bisa juga karena faktor lain. Setelah si bayi lahir, kapan tepatnya waktu yang pas untuk memulai hubungan seksual lagi?

Dikutip dari MedicalNewsToday, pasangan sebaiknya menghindari seks selama 4-6 minggu usai melahirkan normal atau cesar. Ada baiknya dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Perempuan yang baru melahirkan akan mengalami masa penyembuhan ketika nifas berakhir dan serviks tertutup. Melakukan hubungan seksual pada 2 minggu pertama akan meningkatkan risiko perdarahan pascamelahirkan atau infeksi pada rahim.



Ahli ginekologi dari Kentucky, AS, Dr Rebecca Booth mengatakan bahwa seks usai lahiran bisa saja penuh rasa tidak nyaman.

"Rasa sakit bisa datang dari trauma usai melahirkan, tetapi bisa juga karena rendahnya hormon estrogen yang mempengaruhi elastisitas jaringan vagina," katanya, dikutip dari Parents.com.

Ibu yang menyusui juga akan mengalami berkurangnya libido seks. Hal ini bisa dipengaruhi oleh lepasnya oksitosin yang dapat menekan gairah.

"Menjaga gairah seks tetap rendah merupakan cara tubuh mencegah hamil lagi dalam waktu yang terlalu dekat," kata Booth.



Simak Video "Langka! Ibu Kulit Hitam ini Lahirkan Bayi Kulit Putih Dua Kali"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)