Senin, 14 Okt 2019 23:30 WIB

Awas! Jarang Bercinta Tingkatkan Risiko Kanker pada Pria

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pada pria, aktivitas seks berhubungan dengan risiko kanker (Foto: iStock) Pada pria, aktivitas seks berhubungan dengan risiko kanker (Foto: iStock)
Jakarta - Seiring bertambahnya usia, baik pria atau wanita akan mengalami penurunan gairal seksual. Keinginan untuk berhubungan seks seperti menghilang, entah karena malas atau hal lain.

Padahal bercinta tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan keintiman antar pasangan tetapi juga baik bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Anglia Ruskin University pada 5.700 pria dan wanita di 'umur emas' menemukan mereka lebih jarang bercinta.

Padahal pria yang jarang bercinta di umur 50 tahun memiliki risiko terserang penyakit yang sangat serius. Pria yang kurang berminat pada seks 63 persen lebih mungkin didiagnosis kanker sementara 41 persen meningkatkan peluang terkena penyakit lainnya.



Pada wanita, 64 di antaranya mengaku akan sering merasa tidak enak badan jika jarang bercinta. "Penting untuk diingat bahwa seks adalah bentuk aktivitas fisik, meskipun sering dilakukan pada intensitas sedang," sebut penulis senior Dr Lee Smith, dikutip dari Mirror.

Para ahli menuturkan mereka yang berusia 50 tahun ke atas harus menjaga gairah seksualnya tetap terjaga sebab satu kali sesi bercinta bisa membakar hingga 85 kalori. Juga, hormon endorfin yang dikeluarkan saat berhubungan seks dianggap mampu menjadi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu penelitian menyebut penurunan gairah bercinta juga bisa menjadi tanda pria terkena impotensi. Bisa juga kemungkinan dirinya mengalami masalah pembuluh darah yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)