Rabu, 16 Okt 2019 21:44 WIB

Masturbasi Bakar Kalori Setara Olahraga, Benarkah?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Benarkah masturbasi bakar kalori setara olahraga? (Foto: iStock) Benarkah masturbasi bakar kalori setara olahraga? (Foto: iStock)
Jakarta - Masturbasi pada pria merupakan hal yang lumrah. Seringkali kita mendengar bahwa masturbasi juga bisa membantu membakar kalori sama seperti saat berolahraga. Apakah hal ini benar, atau hanya mitos?

Dikutip dari Men's Healh, menurut dokter kandungan dan pakar kesehatan seksual Jessica Shepherd, MD, belum ada studi mengenai hal tersebut. Akan tetapi, jika melihat dari sisi bercinta yang bisa membakar sekitar 69 kalori pada wanita dan 101 kalori pada pria, tentu masturbasi tidak akan membakar lebih banyak dari itu.



"Jika kamu membahas soal masturbasi, kalori yang terbakar tentu akan lebih sedikit ketimbang (seks). Karena seks membutuhkan gerakan seluruh tubuh, sementara saat masturbasi, pada umumnya kita akan dalam posisi berbaring dan menggunakan tangan kita, tidak berpindah dari posisi satu ke posisi lainnya, melakukan penetrasi, atau berpindah dari kasur ke tempat lain dan sebagainya," terangnya.

Masturbasi juga tidak bisa disamakan dengan olahraga, karena jika ingin membakar kalori, kita harus menaikkan denyut jantung dalam jangka waktu yang lama. Menurut dr Shepherd, saat klimaks atau ejakulasi tidak akan membuat denyut jantungmu sama kadarnya seperti olahraga kardio.

Walaupun begitu, masturbasi disebut-sebut memang memiliki manfaat kesehatan tersendiri pada pria (dan juga wanita!). Karena masturbasi memicu pelepasan endorfin atau hormon rasa senang yang menjadikan tubuh kita rileks dan juga pereda nyeri alami, kemudian menimbulkan produksi oksitoksin yang akan membantumu tertidur lebih nyenyak, dan memperbaiki sirkulasi darah, pungkasnya.



Simak Video "Ternyata Ini Jumlah Kalori dalam Segelas Cheese Tea!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)