Minggu, 20 Okt 2019 19:02 WIB

Plus Minus Tidur Telanjang, Penting Diperhitungkan Jika Penasaran Ingin Coba

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Tidur tanpa mengenakan pakaian punya plus minus yang harus dipertimbangkan (Foto: Thinkstock) Tidur tanpa mengenakan pakaian punya plus minus yang harus dipertimbangkan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Tidur dengan melepas bra mungkin sudah biasa. Tapi pernahkah Anda berpikir untuk tidur telanjang?

Selain lebih 'adem', tidur tanpa pakaian memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan yang tak bisa dianggap remeh. Di sisi lain, sebenarnya tidak benar-benar menguntungkan, lho. Berikut dikutip dari berbagai sumber.



KEUNTUNGAN

1. Tidur Lebih Cepat

National Sleep Foundation mengatakan bahwa temperatur tubuh adalah kunci dari timbulnya rasa kantuk, seperti 'alarm' tidur. Telanjang saat tidur membantu menurunkan suhu tubuh, yang merupakan kode waktu untuk tidur. Hal ini bisa membuat Anda jadi tidur lebih cepat.

2. Tidur Jadi Lebih Berkualitas

Telanjang saat tidur ternyata juga mampu memperbaiki kualitas tidur, seiring dengan suhu tubuh yang menurun. Suhu kamar yang ideal untuk tidur adalah sekitar 15-19 derajat celcius. Jika terlalu panas atau dingin maka akan merusak fase tidur. Tidur telanjang merupakan cara agar menjaga suhu tubuh tetap sejuk.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes Tipe 2

Penelitian yang dilakukan di tahun 2010 menunjukkan bahwa kurangnya waktu tidur akan meningkatkan risiko diabetes dan lebih lanjut berisiko pada kesehatan jantung. Tidur tanpa pakaian akan membuat Anda tidur lebih cepat dan kualitas tidurnya lebih baik, sehingga berpengaruh positif pada kesehatan.

4. Meningkatkan Kesuburan Pria

Sebuah studi yang dilakukan pada 656 pria mengungkap bahwa terdapat hubungan antara mengenakan pakaian dalam yang ketat dengan kurangnya produksi sperma. Mereka yang tidur dengan boxer mempunyai sperma yang lebih banyak. Tidur telanjang merupakan cara yang bagus untuk menjaga testis tetap sejuk dan dalam suhu yang optimal bagi kesehatan sperma.

5. Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Bukan hanya pria yang mendapat manfaatnya. Pada perempuan, tidur telanjang mampu meningkatkan kesehatan vagina dan mencegah infeksi jamur. Sebab, jamur yang menginfeksi vagina dapat tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab. Maka usai beraktivitas, ada baiknya menjaga sirkulasi udara di organ intim dengan tidur telanjang.


Bayangkan kalau mendadak harus keluar kamar. Pasti repot sekali kalau harus pasang baju dan celana.Bayangkan kalau mendadak harus keluar kamar. Pasti repot sekali kalau harus pasang baju dan celana. Foto: iStock


KERUGIAN:

1. Bikin Susah dalam Situasi Darurat

Tidur telanjang memang menyehatkan, tapi bagaimana kalau ada kebakaran atau maling tiba-tiba? Momen pakai baju jadi ribet dan menghabiskan waktu untuk menyelamatkan diri.

2. Lekat dengan Image Negatif

Budaya di rumah setiap orang memang berbeda. Namun, kalau keluarga Anda termasuk yang konservatif, tidur telanjang bisa jadi bukan pilihan. Sebab, Anda bisa saja mendapat stereotip dicap 'nakal' karena sering terlihat tidur tanpa busana.

3. Bikin Kasur Cepat Basah

Tidur telanjang bisa jadi terasa nyaman. Tapi alangkah baiknya 'melapisi' tubuh dengan pakaian tidur supaya keringat tidak terserap langsung ke sprei. Apalagi kalau tinggal di daerah yang panas tanpa pendingin ruangan.

4. Susah Kalau Keluar Kamar

Kalau Anda adalah tipe yang suka ngemil tengah malam atau ingin ambil sesuatu di luar kamar, sebaiknya pikir lagi untuk tidur telanjang. Jika Anda tinggal sendiri, tentu bukan masalah. Lain halnya kalau tinggal bersama keluarga atau orang lain yang tak sepaham denganmu. Lebih baik pakai pakaian sebelum tidur, deh.



Simak Video "Malas Ganti Celana Dalam? Hati-hati Tertular Kanker Serviks!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)