Selasa, 12 Nov 2019 21:00 WIB

Alami Ejakulasi Dini? 4 Tips Berikut Bisa Membantu Mengatasinya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ejakulasi dini dapat dicegah dengan cara-cara berikut. Foto: iStock Ejakulasi dini dapat dicegah dengan cara-cara berikut. Foto: iStock
Jakarta - Ejakulasi dini terjadi saat pria orgasme atau ejakulasi terlalu cepat saat berhubungan seks. Terkadang hal ini bisa menjadi memalukan, beberapa bisa mempengaruhi kehidupan seksual mereka, seperti menurunkan kadar hormon atau adanya kondisi medis tertentu.

Dirangkum dari berbagai sumber, ejakulasi dini bukanlah masalah yang tak bisa diatasi. Berikut adalah 4 cara untuk mengatasi ejakulasi dini yang mungkin Anda alami:


1. Ikuti senam kegel

Coba belajar mengontrol ejakulasi dengan menjalani olahraga yang disebut Kegel. Senam Kegel memang biasanya kerap dipilih oleh wanita, namun juga bisa dilakukan oleh pria. Tujuan senam ini adalah menguatkan otot pubococcygeus (PC). Otot PC berada dari tulang selangka hingga tulang ekor, melewati pelvis, dan untuk menguatkannya kamu bisa meremas ototnya.

Anda bisa melatih ini dengan membatasi saat Anda kencing, berhentilah di tengah-tengah kencing lalu rilekskan otot agar air kencing kembali mengalir. Otot itulah otot PC dan Anda bisa mencoba meremas otot ini dalam beberapa waktu untuk menguatkannya, tak hanya saat kencing. Bagi Anda yang kerap mengalami ejakulasi dini, Anda bisa mencoba Kegel ini dalam 10-20 kali repetisi, dalam 3-4 kali per hari.

2. Olahraga 'penis'

Penis juga butuh olahraga? Yak, penis 'berolahraga' lewat masturbasi, dan masturbasi membantu Anda untuk mendapat kendali akan otot PC tubuh Anda. Jangan biarkan sampai selesai, lanjutkan hingga Anda merasakan otot-otot ejakulasi terasa seperti akan berkontraksi, lalu berhenti. Jangan lanjutkan sampai Anda merasa tak lagi ingin ejakulasi. Semakin mahir Anda, semakin baik untuk menunda orgasme saa bersama istri agar tak lagi ada kejadian ejakulasi dini.

3. Teknik 'squeeze'

Genggamlah penis Anda sekitar satu sentimeter di bawah bagian kepalanya dan genggam kuat selama beberapa detik saat Anda merasa akan berejakulasi. Tahan hingga rasa itu menghilang. Memang rasanya tidak akan nyaman seperti menyumbat keran, akan tetapi cara ini bisa jadi efektif untuk mempelajari mengontrol ejakulasi dini yang terjadi pada Anda.

4. Gunakan kondom

Selain olahraga, tips pencegahan lainnya yang bisa mencegah Anda mengalami ejakulasi dini masih cukup banyak. Salah satu di antaranya adalah menggunakan kondom untuk membantu mengurangi sensitivitas selama seks. Faktanya, justru beberapa kondom ada yang memiliki fitur pengendali klimaks, dengan lateks yang lebih tebal dan beberapa senyawa yang membuat mati rasa.



Simak Video "Ini 4 Ciri Wanita Palsukan Orgasme"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)