Kamis, 14 Nov 2019 20:02 WIB

Kenapa Libido Wanita Bisa Semakin 'Liar' Menjelang Menstruasi?

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi waktu libido wanita liar sebelum menstruasi. Foto: Istock Ilustrasi waktu libido wanita 'liar' sebelum menstruasi. Foto: Istock
Jakarta - Semua orang memiliki nafsu birahi. Namun bagi wanita, beberapa mungkin menyadari libidonya bisa meningkat lebih dari biasa menjelang menstruasi.

Sebagai contoh salah satu pembaca detikcom sebut saja bernama Lily pernah mengalami hal ini. Ia bertanya pada pengasuh kanal konsultasi kesehatan detikcom apakah meningkatnya keinginan bercinta sebelum menstruasi sebagai hal yang normal.

Terkait hal tersebut beberapa studi mengonfirmasi adanya kaitan antara gairah bercinta wanita dengan pola menstruasi. Analisa yang dipublikasi dalam jurnal Hormones and Behavior 2013 menyebut ini karena pengaruh hormon.



Dikutip dari healthline ada teori menyebut bahwa peningkatan libido menjelang menstruasi ini sebagai cara tubuh untuk meningkatkan keberhasilan reproduksi. Wanita disebut paling subur saat ovulasi dan kala itu produksi hormon seperti estrogen serta testosteron meningkat.

"Hormon dianggap memainkan peran besar. Tingkat estrogen dan testosteron Anda meningkat selama ovulasi, berpotensi memicu peningkatan libido," tulis artikel healthline yang diulas oleh terapis seks Janet Brito.

Perlu diketahui, masa subur wanita terdiri dari dua jenis, yaitu masa subur puncak dan masa subur biasa. Untuk masa subur puncak terjadi 13 hari setelah hari pertama menstruasi. Sedangkan, masa subur biasa terjadi 3 hari sebelum dan sesudah masa subur puncak.

Jadi jawabannya normal-normal saja kok bisa seorang wanita merasa jadi lebih 'liar' menjelang menstruasi.



Simak Video "Ladies! Waspada Kalau Haid Tidak Teratur"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)