Rabu, 20 Nov 2019 19:00 WIB

Alasan-alasan Mengapa Wanita Memalsukan Orgasme

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Beberapa wanita memilih untuk memalsukan orgasme. Apa penyebabnya? (Foto: thinkstock) Beberapa wanita memilih untuk memalsukan orgasme. Apa penyebabnya? (Foto: thinkstock)
Jakarta - Orgasme sering dijadikan sebagai target saat berhubungan seksual. Pada pria, orgasme biasa dibarengi dengan ejakulasi, yakni keluarnya cairan sperma dari penis dan cenderung lebih mudah.

Namun pada wanita, orgasme cukup rumit dan bahkan bisa saja tidak terjadi dalam satu sesi bercinta. Beberapa wanita memilih untuk memalsukan orgasme atau menjadi stres karena tidak bisa merasa 'puas'.

Mengapa ini bisa terjadi? Dikutip dari Women's Health, menurut sebuah studi tahun 2018 di Archives of Sexual Behavior, hanya 65 persen wanita heteroseksual melaporkan bahwa mereka 'biasa atau selalu berorgasme saat intim secara seksual' dibandingkan 95 persen pria heterokseksual.

Apapun bisa menjadi alasannya, mulai dari pikiran-pikiran negatif, masalah intim, hingga efek samping obat. Dan tentu saja, ekspektasi khalayak juga memiliki dampak yang cukup besar pula.

"Wanita tidak diajarkan untuk fokus pada kepuasan seksual mereka atau merasa harus mendapatkannya. Banyak wanita yang merasa malu dan bersalah soal mengalami kepuasan seksual mereka sendiri," terang Janet Brito, PhD, psikolog klinis dan terapis seks di Honolulu.


Terlebih lagi, beberapa wanita melaporkan mereka sering merasa tertekan untuk terlihat terangsang dan harus merangsang pasangan secara seksual ketimbang berfokus untuk menjelajah apa yang membuat mereka merangsang. Jika apapun yang dilakukan pasangan Anda tidak akan membuat perbedaan apapun pada tubuhmu, bisa jadi masalah medis.

"Kecemasan tinggi, depresi, hal-hal yang menyebabkan penurunan mendadak pada kadar estrogen atau testosteron dan diabetes bisa mengganggu kemampuan klimaks," kata Gail Saltz, MD, seorang dosen psikiatri di New York-Presbyterian Hospital Weill-Cornell School of Medicine dan penulis The Ripple Effect: How Better Sex Can Lead to a Better Life.

Hal yang paling mungkin untuk menyabotase kemampuan wanita untuk orgasme dan menurunkan libido adalah obat-obatan, terutama antidepresan. Walau begitu, jika memang Anda kesulitan orgasme, Dr Saltz menyarankan untuk mendiskusikannya dengan pasangan, apalagi jika Anda memiliki trauma seksual.

"Sehingga ia tidak salah melihat ini sebagai masalah hubungan. Jika (kesulitan orgasme) bukan karena obat-obatan atau masalah hubungan, namun ada perubahan mendadak, segera ke dokter untuk mengecek kadar testosteron dan mencari tahu apa penyebab medisnya," pungkasnya.



Simak Video "Ini 4 Ciri Wanita Palsukan Orgasme"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)