Kamis, 21 Nov 2019 19:30 WIB

Tak Ingin Asam Lambung Naik Saat Bercinta? Catat, Ini Tipsnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tips mencegah asam lambung naik saat bercinta. Foto ilustrasi: iStock Tips mencegah asam lambung naik saat bercinta. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Bagi sebagian orang, seks termasuk salah satu aktivitas fisik yang dapat memicu munculnya gejala asam lambung naik atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Kegiatan ini dapat menyebabkan mulas, refluks asam, dan sesak napas sebelum, selama, ataupun setelah berhubungan seks.

Sebelum memulai hubungan seks, Anda harus hindari konsumsi obat, makanan, ataupun minuman yang bisa memicu GERD muncul. Selain itu, jangan makan dengan porsi yang terlalu besar dan tunggu sampai makanan benar-benar tercerna dengan baik.

Dikutip dari Healthline, selama berhubungan seks dengan pasangan, ada beberapa hal yang harus Anda hindari agar GERD tidak muncul ditengah permainan.


1. Komunikasikan dengan pasangan

Sebelum bercinta, coba bicara dengan pasangan kalau Anda memiliki riwayat asam lambung. Jika saat itu asam lambung Anda sedang naik, pertimbangkan untuk menunda waktu untuk berhubungan seks dengan cara yang baik.

2. Hindari posisi yang berbaring

Untuk mencegah GERD muncul di tengah permainan Anda, mulailah hindari posisi atau gaya yang mengharuskan untuk berbaring datar. Hal ini dapat membuat gejala asam lambung atau GERD ini semakin buruk.

3. Hindari posisi atau gaya yang menekan perut

Dalam menentukan posisi ataupun gaya yang akan dilakukan saat berhubungan, hindari yang sampai harus menekan perut Anda. Posisi tersebut akan meningkatkan produksi asam lambung dan meningkatkan risiko refluks asam pada tubuh. Minta pasangan untuk berpegangan ke tepi ranjang ataupun bagian tubuh Anda yang lainnya untuk bertumpu.

4. Coba tetap pada posisi semi-tegak atau tegak sepenuhnya

Agar sepanjang perjalanan permainan Anda dan pasangan tidak terganggu oleh GERD, coba lakukan dalam posisi duduk di atas kursi dan semacamnya atau dengan berdiri. Posisi ini mencegah terjadinya tekanan yang berlebihan pada bagian perut Anda.

5. Berhenti saat terasa sakit

Jika saat ditengah permainan Anda merasa GERD mulai melanda, segeralah berhenti. Mengerahkan terlalu banyak tenaga secara terus menerus dapat membuat gejala bahkan penyakit asam lambung itu semakin memburuk.

Setelah melakukan aktivitas ini, Anda harus melihat lagi apakah tanda-tanda dari GERD itu muncul atau tidak. Penyakit asam lambung atau GERD ini memang membuat tidak nyaman sampai frustasi. Jika tidak ditangani dengan baik atau konsultasi ke dokter, dikhawatirkan penyakit ini malah akan mengganggu kehidupan seks serta hidup Anda.


Simak Video "Jaga Keharmonisan, Ini Posisi Bercinta Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)