Sabtu, 23 Nov 2019 05:19 WIB

4 Manfaat Rutin Bercinta, Meredakan Stres hingga Memperbaiki Kognitif

Rosmha Widiyani - detikHealth
Rutin bercinta memberikan banyak manfaat (Foto: iStock) Rutin bercinta memberikan banyak manfaat (Foto: iStock)
Jakarta - Berbagai riset sudah membuktikan efek positif bercinta bagi kesehatan fisik dan mental. Tak heran jika mereka yang sudah dewasa dan perlu seks disarankan rutin bercinta dengan pasangannya.

Dikutip dari The Healthy, berikut beberapa manfaat rutin bercinta, termasuk di akhir pekan.



1. Memperbaiki fungsi kognitif

Tidak bercinta memengaruhi kemampuan kognitif meski tidak sampai menurunkan tingkat kecerdasan. Riset dalam Journals of Gerontology menjelaskan, orang yang berhubungan seks rutin memiliki nilai lebih baik dalam tes verbal dan spasial. Menurut peneliti, melepaskan berbagai hormon saat bercinta punya kaitan dengan peningkatan kemampuan otak.

2. Meredakan stres

Menurut direktur medis Northwestern Medicine Center for Sexual Medicine and Menopause Lauren Streicher, MD, di Northwestern Memorial Hospital, mereka yang tidak terlalu seks biasanya memiliki siklus bercinta yang teratur. Stres dan rutinitas bercinta memang terkait namun tidak bersifat sebab akibat. Dalam beberapa kasus, absen berhubungan seks dengan pasangan yang didului komunikasi bisa berdampak baik.



3. Memperbaiki mood

Seks yang melibatkan kontak fisik memberi kenyamanan bagi pasangan. Menurut Dr Streicher, sentuhan fisik melepaskan hormon oksitosin yang menghasilakn perbaikan mood. Bercinta juga meningkatkan kadar endorfin yang mengangkat mood. Tanpa bercinta, seseorang biasanya mengalami penurunan mood meski tidak sampai depresi.

4. Meredakan nyeri

Bercinta ternyata bisa membanti mengatasi rasa nyeri saat menstruasi atau datang bulan. Menurut Dr Streicher, saat ini belum ada riset yang memastikan hal tersebut. Namun efek bercinta bisa mengurangi nyeri saat datang bulan terdengar rasional.

"Rahim terdiri atas otot yang berkontraksi saat orgasme. Kontraksi inilah yang membantu aliran darah saat datang bulan sehingga keluar lebih cepat dan mengurangi nyeri. Bercinta juga meningkatkan endorfin yang membantu mengurangi nyeri," kata Dr Streicher.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)