Sabtu, 23 Nov 2019 21:55 WIB

5 Hal Wajib Tahu Soal Onani, Salah Satunya Bisa Bikin Mr P Mirip Terong

Rosmha Widiyani - detikHealth
Masturbasi selalu jadi kontroversi (Foto: iStock) Masturbasi selalu jadi kontroversi (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah video viral menggemparkan Banyuwangi, Jawa Timur, menampilkan seorang pria diduga onani di ATM. Video berdurasi 30 detik itu menyebar di media sosial dan grup WhatsApp.

Dalam video tersebut, seorang pria masuk ke dalam ATM dan disebut memainkan alat kelamin. Baju, celana, dan sandalnya tergeletak di lantai. Adegan itu direkam seseorang dan menjadi viral.

Terlepas dari video tersebut, onani atau masturbasi sendiri adalah aktivitas seks yang tidak melukai pria atau orang di sekitarnya (harmless). Meski demikian, boleh tidaknya aktivitas itu dilakukan selalu menjadi kontroversi.

Dikutip dari WebMD, berikut 5 hal wajib tahu soal onani.



1. Manfaatnya beda dengan seks reguler

Selain memberi kepuasan, onani juga berdampak baik pada kesehatan pria. Namun menurut associate professor Tobias S. Kohler, MD, MPH, dari Southern Illinois University School of Medicine in Springfield, dampak tersebut beda dengan yang diperoleh dari hubungan seks reguler.

Hubungan seks dengan pasangan memberi manfaat yang lebih menyeluruh pada pria. Manfaat ini meliputi tekanan darah yang stabil dan ideal, menjaga kesehatan jantung, prostast, dan kemampuan menahan rasa sakit. Sayangnya, belum belum diketahui penyebab pasti perbedaan manfaat kesehatan dari onani dan hubungan seks dengan pasangan.

2. Bukan tanpa risiko

Risiko masturbasi memang lebih rendah dibanding hubungan seks dengan orang lain. Masturbasi tidak menularkan penyakit seksual, tapi bisa menyebabkan iritasi atau patah bagi yang terlalu sering. Patah terjadi saat penis yang ereksi dipaksa bengkok, sehingga ruang yang berisi pembuluh darah mengalami cedera.

"Penis jadi terlihat seperti terong. Tampak bengkak dan berwarna ungu. Kondisi ini hanya bisa ditangani dengan operasi," kata Kohler.



Selanjutnya
Halaman
1 2