Senin, 25 Nov 2019 21:22 WIB

Menebak Kepribadian dari Fantasi Seksual, Kamu yang Mana?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kepribadian seseorang berhubungan juga dengan fantasi seksualnya (Foto: iStock) Kepribadian seseorang berhubungan juga dengan fantasi seksualnya (Foto: iStock)
Jakarta - Pernahkah kamu merasakan imajinasi meningkat ketika ingin melakukan kegiatan seks? Hal tersebut merupakan sangat wajar, karena fantasi seks adalah hal yang lumrah dalam kehidupan intim dan setiap orang bisa memilikinya dalam bentuk yang berbeda-beda.

Meskipun yang sering dikaitkan dengan pemikiran seks itu kaum laki-laki, perempuan juga bisa mempunyai fantasi seksnya sendiri.

Fantasi seks yang dibayangkan pun mencerminkan kepribadian kita. Menurut Psikolog asal Kinsey Institute yaitu Justin Lehmiller dalam bukunya yang berjudul "Tell Me What You Want: The Science of Sexual Desire and How It Can Help You Improve Your Sex Life" menjelaskan bahwa fantasi seksual dapat mencerminkan kepribadian seseorang.

Lehmiller meneliti 4.000 orang lebih di Amerika yang sudah berusia 18 hingga 87 tahun, berdasarkan latar belakang yang berbeda-beda.

Berdasarkan penelitian tersebut, terdapat perbedaan fantasi antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki lebih cenderung membayangkan fantasi yang lebih liar, cross-dressing atau memikirkan hal yang out of the box. Perempuan lebih cenderung berimajinasi bagaimana melakukan seks dengan sesama jenis, dan juga BDSM.



"Secara Keseluruhan, fantasi kita tampaknya mencerminkan siapa kita dan tampaknya dirancang untuk memenuhi kebutuhan psikologis kita yang unik" pungkas Lehmiller dikutip dari CNN.

Berikut adalah jenis fantasi seks yang dapat mencerminkan kepribadian seseorang berdasarkan penelitian yang dlakukan oleh Justin Lehmiller.

1. Extraversion
Aspek ini dilihat dari kepribadian seseorang, yaitu ekstrovert dan intovert. Bagi mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert, cenderung memiliki fantasi seks yang tidak jauh dari kegiatan melakukan hubungan intim lebih dari satu pasangan. Namun untuk introvert justru memiliki fantasi seks yang lebih liar, karena mereka memerlukan lebih banyak waktu untuk menentukan jenis hubungan intim yang diharapkannya.

2. Agreeableness
Jenis fantasi seks ini dapat mencerminkan seseorang yang mempunyai rasa peduli terhadap pasangannya. Karena fantasi seks mereka lebih mengutamakan bagaimana cara memberikan kepuasan sebesar-besarnya kepada pasangan, tentu dengan cara yang aman.

3. Openness
Sikap keterbukaan, dan memiliki rasa penasaran yang tinggi, membuat mereka yang masuk kedalam kategori openness ini, mempunyai fantasi seks menarik. Seakan-akan sedang melakukan petualangan.

4. Conscientiousness
Mereka yang suka memperhatikan hal-hal detail, dan hidup teratur, lebih senang melakukan hubungan intim sesuai jadwal, dan memiliki fantasi seks yang terbilang wajar dan nyaman.

5. Neuroticism
Memiliki kepribadian yang mudah kepikiran tentang suatu hal, atau tingkat stres yang tinggi. Mereka lebih menyukai hubungan intim yang tenang dan melibatkan ikatan emosi yang kuat, untuk menyeimbangkan serta meredakan tingkat stres yang dimiliknya.

Fantasi seks memang merupakan hal yang lumrah, karena dari fantasi seks tersebut bisa mencerminkan kepribadian seseorang. Namun, bila sudah terlalu banyak memikirkan fantasi seks hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, maka perlu untuk dikonsultasikan ke dokter agar bisa diobati.



Simak Video "Ini 4 Ciri Wanita Palsukan Orgasme"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)