Rabu, 27 Nov 2019 18:31 WIB

Vaginismus, Disfungsi Seksual yang Bikin Mr P Kepentok Saat Bercinta

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Disfungsi seksual bisa mengganggu keharmonisan. (Foto: iStock) Disfungsi seksual bisa mengganggu keharmonisan. (Foto: iStock)
Jakarta - Kontraksi otot di sekitar vagina yang berlebihan menyebabkan nyeri, sulit, atau bahkan tidak dapat melakukan penetrasi disebut Vaginismus. Vaginismus ini ternyata menyebabkan Mr. P seringkali kesulitan dalam penetrasi yang terasa seperti menabrak dinding.

Menurut dr. Ni Komang Yeni, SpOG, dokter kandungan dari Bamed Women's Clinic yang berpengalaman dalam bidang ginekologi estetika, mengatakan Vaginismus dikategorikan sebagai kontraksi otot yang sebenarnya tidak disadari, tidak dapat dikendalikan, dan terjadi secara terus menerus atau berulang di sepertiga daerah bagian luar vagina.

"Dalam kondisi ini, penetrasi akan terasa seperti 'menabrak dinding' dan akan menimbulkan rasa nyeri pada kedua pasangan. Pada pemeriksaan oleh dokter, akan dirasakan kesulitan juga untuk melakukan penetrasi dengan satu jari, dan bahkan akan sulit untuk memasukkan tampon atau vibrator ke vagina," kata dr Yeni saat ditemui di Hongkong Cafe, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, (27/11/2019)


Emosi, stres yang berlebihan, dan tidak percaya pada pasangan, serta orientasi seks yang berbeda juga diungkap dr Yeni menjadi penyebab yang seringkali ditemukan saat wanita mengalami Vaginismus. Maka dari itu, penting untuk selalu mengkomunikasikan hal-hal yang dinilai mengganggu bersama pasangan agar nantinya tercipta rasa nyaman.

"Memberikan rasa nyaman adalah kunci dari keberhasilan berhubungan seksual, makanya kuncinya adalah komunikasi bersama pasangan," pungkas dr Yeni.



Simak Video "Ini 4 Ciri Wanita Palsukan Orgasme"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)