Kamis, 12 Des 2019 22:00 WIB

Puting Keras Tandanya Sedang Terangsang? Ah Nggak Juga, Ini Penjelasannya

Firdaus Anwar - detikHealth
Puting payudara bisa mengeras karena berbagai sebab. (Foto: iStock)
Jakarta - Ada anggapan umum tentang payudara wanita, sering disebut puting yang mengeras berarti tanda seseorang sedang terangsang. Benarkah hal tersebut? Para ahli menjelaskan jawabannya tidak selalu demikian.

Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Nature Neurosience 2016 menjelaskan kerasnya puting atau disebut juga nipple erection (ereksi puting) bisa terjadi secara acak. Hal ini karena saraf yang terlibat menyebabkan puting payudara mengeras adalah sistem saraf otonom yang berada di luar kendali kesadaran.


"Sebagai contoh, kami menemukan bahwa rasa merinding dan ereksi puting disebabkan oleh neuron yang terspesialisasi mengatur fungsi-fungsi otot ereksi di jaringan tubuh," ungkap peneliti dari Karolinska Institutet.

Dikutip dari Healthline, ereksi puting yang terjadi secara acak bukan kondisi kesehatan yang harus dikhawatirkan. Seseorang mungkin baru perlu waspada menemui dokter ketika ereksi terjadi bersamaan dengan rasa nyeri hingga tampak keluar cairan.

Perlu diketahui ereksi juga bisa terjadi ketika saraf mendapat stimulasi dari luar. Itulah kenapa saat sedang kedinginan, menyusui, atau terangsang puting payudara seorang wanita mengeras.



Simak Video "Seks Aman Saat Pandemi Corona Bersama dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)