Minggu, 15 Des 2019 05:15 WIB

Selamat! Ereksi di Pagi Hari Menandakan Tidur yang Berkualitas

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ereksi di pagi hari tidak selalu berhubungan dengan rangsang seksual (Foto: iStock) Ereksi di pagi hari tidak selalu berhubungan dengan rangsang seksual (Foto: iStock)
Jakarta - Bangun tidur dengan Mr P dalam kondisi ereksi tidak hanya menunjukkan pertanda baik bagi fungsi seksual seorang pria. Beberapa penelitian juga mengaitkannya dengan kualitas tidur yang baik.

Ereksi pagi hari termasuk fenomena misterius karena tidak selalu berhubungan dengan rangsang seksual. Artinya, bisa terjadi begitu saja secara spontan tanpa harus bersentuhan maupun memikirkan hal-hal erotis.

Bukan cuma di pagi hari, ereksi spontan sebenarnya umum dialami pria sepanjang malam, dan disebut juga Nocturnal Penile Tumescence (NPT). Seorang pria sehat umumnya mengalaminya sebanyak 3-5 kali sepanjang malam dengan durasi sekitar 25-35 menit.



Beberapa teori menyebut, NPT berhubungan dengan siklus tidur. Umumnya ereksi NPT terjadi saat memasuki fase tidur dalam atau Rapid Eye Movement (REM), dan berhenti saat memasuki fase tidur yang lebih dalam.

Kenapa ereksi spontan terjadi juga di pagi hari? Diyakini, sebagian besar orang terbangun di pagi hari saat memasuki fase tidur REM, yakni ketika pria berpeluang lebih besar mengalami ereksi NPT.

"Jika seseorang tidurnya tidak cukup baik dan tidak memasuki fase REM, mereka mungkin tidak mengalami ereksi nocturnal," demikian dikutip dari MedicalNewsToday.

Jadi, apakah tidur kamu semalam cukup berkualitas? Silakan cek sendiri.



Simak Video "Sering Onani? Hati-hati Jadi Penyakit!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)