Minggu, 15 Des 2019 19:26 WIB

Sulit Menikmati Sesi Bercinta Setelah Punya Anak? Mungkin Ini Penyebabnya

Nafilah Sri Sagita - detikHealth
Beberapa perempuan mengalami disfungsi seksual setelah melahirkan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Melakukan hubungan seks biasanya menjadi pelepas stres kedua pasangan. Namun, faktanya masih banyak wanita merasa tidak seksi saat akan melakukan hubungan seksual.

dr Grace Valentine, spOG, spesialis kandungan dari Bamed Womens Clinic mengungkapkan, disfungsi seksual merupakan ketidakmampuan menikmati hubungan seksual secara penuh. Pada wanita, bisa jadi karena bentuk badan yang tak lagi ideal, merasa cemas atau pun khawatir saat ingin melakukan hubungan seks.

"Disfungsi seksual bisa disebabkan pada saat hamil, maupun bersalin, karena dia merasa terjadi perubahan di badannya yang bersifat hormonal, dan membutuhkan self acceptance terlebih dahulu untuk dapat kembali melakukan hubungan seksual," kata dr Grace saat ditemui di Hongkong Cafe Menteng, Rabu (27/11/2019).



Saat hamil tentunya stretchmark dapat lebih sering timbul, dan diikuti payudara yang juga ikut mengendur. Tak hanya saat hamil, ternyata wanita bisa merasakan disfungsi seksual setelah bersalin.

"Setelah bersalin, tentu para wanita yang melahirkan secara sesar, cenderung mengalami disfungsi seksual karena bekas jahitan pasca melahirkan masih terasa nyeri, maka dari itu perlu adanya komunikasi yang baik kepada pasangan," pungkas dr Grace.



Simak Video "Teman Bumil Rilis Buku soal Kehamilan dan Parenting Tanpa Galau"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)