Selasa, 17 Des 2019 22:00 WIB

Normalkah Nyeri Vagina Selama Bercinta? Ini Penjelasannya

Nurul Khotimah - detikHealth
Normalkah vagina terasa nyeri saat berhubungan seksual? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Selama bercinta kerap kali wanita merasakan rasa nyeri pada vaginanya. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh pasangan baru atau pertama kali berhubungan seksual.

Menurut perkiraan dari American College of Obstetricians dan Gynaecologists, 3 dari 4 wanita akan mengalami rasa sakit saat berhubungan seks di beberapa titik dalam hidup mereka. Tidak hanya dialami oleh pasangan baru, faktanya rasa nyeri bisa saja muncul meski sudah sering bercinta.

"Intinya adalah saya pikir sebagian besar wanita yang aktif secara seksual pernah mengalami rasa sakit saat berhubungan seks di beberapa titik dalam hidup mereka," kata ahli kandungan Dr. Cheryl Iglesia kepada Cosmopolitan, dikutip dari Medical Daily, Selasa (17/12/2019).

Untuk mengetahui rasa sakit itu termasuk normal atau tidak, tergantung pada frekuensi rasa nyeri yang datang. Iglesia menjelaskan bahwa itu ada dua faktor, seberapa sering itu terjadi dan seberapa parah rasa sakitnya.

"Jika Anda hanya mengalami sedikit rasa sakit sesekali, kemungkinan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tetapi jika itu adalah sesuatu yang terjadi setiap saat, atau tujuh, delapan, atau sembilan pada skala rasa sakit, Anda harus mengunjungi dokter Anda," katanya.


Rasa sakit memang diperkirakan terjadi saat pertama kali berhubungan seks, kata Dr. Kirtly Parker Jones dari University of Utah. Ini karena jaringan semakin terentang dengan hubungan intim untuk pertama kalinya.Tetapi ketika terus berulang, ada kemungkinan infeksi.

"Jadi tentu saja, wanita yang memiliki infeksi jamur, beberapa wanita dengan infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia, itu adalah situasi di mana seseorang bisa merasakan sakit dengan hubungan seksual," kata Jones.

Jadi, dapat dikatakan normal bila rasa nyeri datang hanya sesekali dan tidak parah. Meski begitu, mengkonsultasikan dengan dokter kandungan Anda akan lebih baik jika Anda merasa khawatir.



Simak Video "Seks Aman Saat Pandemi Corona Bersama dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)