Rabu, 18 Des 2019 19:30 WIB

5 Manfaat Orgasme bagi Pria dan Wanita, Salah Satunya Bikin Awet Muda

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Orgasme seks pasutri. (Foto: iStock)
Jakarta - Orgasme merupakan salah satu tujuan terbesar dari pasutri yang melakukan hubungan seksual. Terkadang orgasme sendiri lebih banyak difokuskan pada pria dan jarang pada wanita.

Tapi apakah Anda tahu apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Dikutip dari Body and Soul, berikut adalah 5 manfaat terbesar orgasme pada pria dan wanita:


1. Menguatkan jantung

Saat orgasme, otak mengirimkan sinyal hormon rasa baik seperti endorfin dan oksitosin ke seluruh tubuh dan menurunkan kadar hormon stres kortisol serta adrenalin. Kimia-kimia 'bahagia' ini terkait dengan rasa cinta dan ikatan, yang nantinya akan mendorong jauh-jauh perasaan stres yang mungkin Anda miliki, sehingga berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

2. Tahan sakit

Ada alasan Anda merasa seperti sangat kuat usai mencapai klimaks. Menurut para peneliti, orgasme mengaktivasi bagian otak yang bertanggung jawab melepaskan serotonin yang bisa membuat kita merasa baik dan juga meredakan rasa nyeri. Sebuah studi terpisah dari Jerman juga menemukan bahwa orang-orang yang berhubungan seksual saat migrain menilai penurunan rasa nyeri.

3. Mendorong sistem imun

Ketika orgasme melanda, imun tubuh melonjak dan sel-sel pembunuh virus dan infeksi bertambah di dalam tubuh. Tak hanya itu, sejumlah immunoglobulin A dalam air liur juga meningkat, yang bisa membantu melawan infeksi.

4. Awet muda

Peningkatan aliran darah selama seks, terutama saat orgasme, membantu mengirimkan nutrisi ke kulit dan membantu melepaskan oestrogen yang merupakan kunci dari produksi kolagen. Studi yang dilakukan peneliti di Inggris mengungkapkan juga bahwa semakin banyak orgasme yang Anda alami, semakin awet muda Anda terlihat.

5. Menekan nafsu makan

Lain kali saat Anda merasa ngidam ngemil, alihkan ke quickie sex. Penelitian menunjukkan bahwa pelepasan oksitosin saat Anda klimaks dapat membantu mengatur nafsu makan dan mengurangi asupan makan usai orgasme. Peneliti di Kanada juga menemukan bahwa seks dapat membantu membakar kalori ketimbang berjalan.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)