Jumat, 27 Des 2019 22:00 WIB

Bukan Cuma untuk Dapatkan Orgasme, Ini Peran Klitoris Wanita Sebenarnya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi klitoris. (Foto: iStock)
Jakarta - Selama ini kita meyakini bahwa peran satu-satunya dari klitoris adalah untuk masalah seksual seperti orgasme. Namun menurut Roy Levin, seorang pakar kesehatan seksual, klitoris memiliki peran krusial ketimbang hanya urusan seksual.

Klitoris, menurutnya, juga punya peran penting jika Anda sedang mencoba untuk memiliki anak. Menstimulasi klitoris selama foreplay memicu perubahan internal di dalam vagina dan rahim yang membuatnya lebih mudah bagi sperma untuk mencapai dan membuahi telur. Dengan kata lain, klitoris dapat membantu proses pembuahan.

"Meskipun banyak pengakuan modern yang mencirikan aktivasi gairah seksual wanita manusia oleh stimulasi klitoris, tidak ada yang menunjukkan bahwa klitoris memiliki keterlibatan dalam peran reproduksi yang spesifik," kata dr Levin, dikutip dari Mirror.


dr Levin juga sudah mengkaji 36 studi yang dipublikasikan antara tahun 1949 hingga tahun lalu, semuanya menyebut bahwa klitoris adalah satu-satunya organ manusia yang berfungsi sebagai transmisi kepuasan seksual.

Namun dalam 15 studi dari tahun 1966-2017, dr Levin menemukan bahwa menstimulasi organ mungil tersebut bisa mengaktivasi otak untuk mendesak adanya perubahan dalam organ reproduksi wanita, termasuk mendorong aliran darah dan lubrikasi dalam vagina.

Kondisi ini juga mendorong 'tenda' dalam vagina sehingga bisa membendung sperma dalam pola memegang yang memberikan mereka waktu untuk bisa aktif dan bergerak. dr Levin memperingatkan soal menghubungkan fungsi reproduksi dengan klitoris mungkin dilihat sebagai mempertanyakan hak wanita untuk berhubungan seks semata-mata untuk kesenangan, bukan sebagai alat untuk membuat bayi.

"Mantra yang sering diulang adalah fungsi satu-satunya klitoris adalah menginduksi kesenangan seksual kini sudah usang. Konsepnya mengubah kepercayaan seksual kebanyakan, dan bukti fisiologisnya ada," tandasnya.



Simak Video "Ramai Soal Reynhard Sinaga, Ini Ciri-ciri Predator Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)