Minggu, 29 Des 2019 21:19 WIB

Kapan Penis Mulai Tumbuh dan Berhenti Membesar? Ini Kata Ahli

Firdaus Anwar - detikHealth
Penis tumbuh saat pubertas kemudian menyusut di usia tua. (Foto: iStock)
Jakarta - Bagi pria, ukuran penis bisa jadi hal penting. Bahkan ada beberapa orang yang mencoba berbagai cara untuk membesarkan penis meski studi menyebut ukurannya tidak jadi faktor utama kepuasan bercinta pasangan seperti yang sering dianggap.

Terkait hal tersebut mungkin tidak semua orang tahu sebetulnya kapan penis tumbuh secara alami sampai akhirnya berhenti membesar. Sama seperti organ tubuh lain, penis juga bisa mengalami pertumbuhan sampai akhirnya menyusut di usia lanjut.


Dikutip dari Medical News Today, penis disebut akan mengalami pertumbuhan signifikan di masa pubertas. Artinya saat seorang menginjak usia 8 atau 10 tahun penisnya perlahan akan semakin panjang dan tebal hingga kemudian berhenti di sekitar usia 18 tahun.

Tingkat pertumbuhan penis di masa pubertas ini akan berbeda untuk tiap orang.

"Saat masa pubertas berakhir, kemungkinan besar penis akan berhenti tumbuh. Namun demikian penis beberapa pria ada yang bisa terus tumbuh sampai usia awal 20-an," tulis artikel seperti dikutip pada Minggu (29/12/2019).

Dr James Mourilyan Tanner dari University of London mengatakan bila tidak ada hal drastis maka ukuran penis seorang pria tidak akan berubah sampai menginjak usia 40 tahun ke atas. Di usia senja tubuh secara alami akan mengalami degenerasi termasuk juga pada penis yang mulai menyusut.



Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)