Selasa, 31 Des 2019 21:30 WIB

Ini Bahayanya Jika Nekat Bercinta Saat Menstruasi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Nekat bercinta saat menstruasi bisa menimbulkan beragam risiko. (Foto: iStock) Nekat bercinta saat menstruasi bisa menimbulkan beragam risiko. (Foto: iStock)
Jakarta - Bercinta saat sedang menstruasi sama sekali tidak disarankan untuk dilakukan pasangan suami istri (pasutri). Bercinta saat menstruasi bisa menimbulkan risiko penyumbatan pembuluh darah. Tidak hanya itu, beberapa risiko lain bisa muncul karena melakukan hubungan seksual saat sedang menstruasi. Apa saja risikonya?

Berikut risiko yang bisa terjadi akibat bercinta saat sedang menstruasi, dirangkum detikcom dari beragam sumber:


1. Luka atau trauma di mulut rahim

Infeksi terjadi akibat bercinta saat menstruasi bisa memicu trauma pada mulut rahim. Salah satu akibatnya adalah rasa sakit dan mulas, serta keluarnya cairan putih kehijauan atau kecokelatan setiap hari.

2. Endometriosis

dr Gunawan Dwi Prayitno, SpOG(K), pernah menjelaskan saat orgasme rahim akan berkontraksi sehingga darah kotor dari menstruasi bisa masuk lagi ke dalam rahim. Jika hal ini terjadi, maka akan timbul risiko endometriosis pada tubuh perempuan.

3. Infeksi

Hubungan suami istri biasanya akan menimbulkan luka dan endometriumnya mengalami peluruhan, darah menstruasi atau sperma yang tidak steril bisa masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

4. Terjadinya emboli udara

Emboli udara adalah gelembung udara yang masuk ke pembuluh darah dan bisa menyumbat pembuluh-pembuluh darah pada organ-organ vital. Gelembung udara bisa masuk ke dalam aliran darah, karena saat menstruasi pembuluh darah terbuka.

Celah yang terbuka ini bisa dimasuki gelembung udara, hal ini terjadi saat penetrasi oleh penis ke liang vagina. Ketika terbawa oleh aliran darah, gelembung tersebut bisa memicu penyumbatan pembuluh darah. Lebih berbahaya lagi jika pembuluh darah yang tersumbat adalah pembuluh yang menuju ke organ penting seperti jantung dan paru-paru.



Simak Video "NGOBS KUY! Ciri-ciri Cewek PMS"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)