Kamis, 09 Jan 2020 23:00 WIB

Masturbasi Bikin Jerawatan, Mitos atau Fakta?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jerawatan gara-gara sering masturbasi, mungkinkah? (Foto: Thinkstock) Jerawatan gara-gara sering masturbasi, mungkinkah? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Masturbasi dan jerawat berhubungan dengan perubahan hormon, tetapi adakah hubungan antara keduanya? Benar tidak ya masturbasi bisa bikin kamu jerawatan?

Perubahan hormon terjadi selama masa pubertas. Perubahan hormon ini menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak minyak, yang akhirnya memicu jerawat timbul.

Mengutip Medical News Today, banyak orang juga mulai melakukan masturbasi saat pubertas, dan ini memiliki efek kecil pada kadar hormon.

Karena jerawat dan masturbasi cenderung terjadi pada waktu yang sama, ini bisa jadi penyebab orang sering salah paham kalau masturbasi menyebabkan jerawat.



Namun, bisa dipastikan hal ini adalah mitos, meskipun masturbasi dapat menyebabkan perubahan kadar hormon.

Selain itu, tingkat testosteron meningkat selama masturbasi dan kembali normal setelah ejakulasi. Efeknya bersifat sementara dan tidak berpengaruh dalam jangka panjang.

Satu studi mengamati perubahan hormon setelah masturbasi. Temuannya menunjukkan bahwa setiap perubahan hormon setelah masturbasi bersifat sementara dan minimal.



Simak Video "Sering Onani? Hati-hati Jadi Penyakit!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)