Jumat, 10 Jan 2020 18:39 WIB

4 Manfaat Berciuman Bagi Kesehatan Tubuh (1)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ada manfaat ciuman dengan pasangan, (Foto: iStock) Ada manfaat ciuman dengan pasangan, (Foto: iStock)
Jakarta - Berciuman merupakan salah satu poin penting dalam sebuah hubungan. Banyak manfaat yang bisa didapat dari berciuman, bahkan manfaat kesehatan tak hanya seksual.

Saat berciuman, tubuh akan menjadi semakin terangsang, bergairah, dan memunculkan banyak hormon bahagia di otak. Saat hormon meningkat, moodmu berubah lebih baik. Dikutip dari Your Tango, berikut adalah manfaat ciuman bagi kesehatan:


1. Menunjukkan kecocokan dengan pasangan

Ciuman merupakan alat pengukur yang baik untuk menentukan apakah Anda memiliki kecocokan dengan pasangan. Tubuh secara instan mengirim sinyal ke otak untuk menentukan hal tersebut. Sejak lahir kita menggunakan bibir dan lidah kita untuk menentukan apa yang baik untuk kita. Hal ini disebabkan karena mulut kita sangat sensitif soal apa yang kita suka dan tidak suka.

2. Memperbaiki mood

Berciuman mengaktivasi otak kita, dengan cara merespon sinyal yang melepaskan hormon oksitosin, dopamin, dan serotonin. Ketiga hormon ini dikenal sebagai hormon bahagia yang dapat memperbaiki mood. Saat kita merasa bahagia, tubuh kita dibanjiri dengan hormon ini. Oleh karena itu, jika Anda sedang tidak mood, ajaklah pasangan untuk berciuman atau making out, dan sudah pasti mood Anda akan naik dengan sendirinya.

3. Melawan infeksi

Tak percaya ciuman bisa meningkatkan sistem imun dengan membantu melawan infeksi? Sebuah riset membuktikan bahwa aktivitas berciuman dapat membuat kita bertukar jutaan bakteri yang berada di gigi. Saat bakteri ini terbawa, mulut membersihkan diri sendiri untuk menjaga gigi yang sehat, jauh dari virus. Hal itu merupakan cara alami untuk membuat tameng dari paparan bakteri, menjauhkan Anda dari kerusakan gigi karena infeksi bakteri.

4. Meningkatkan ikatan dan keintiman

Saat kita berciuman, tubuh mengenalinya sebagai sebuah keterikatan. Saat Anda mulai terasa terikat, Anda mulai menginginkan kedekatan dengan pasangan untuk hubungan dan rasa aman. Berciuman penuh hasrat menyalakan 'tombol' di mana Anda menjadi berhasrat. Dengan mencium seseorang, kita memberitahu bahwa kita menerima mereka dan ingin menambah interaksi ke jenjang yang lebih intim. Ciuman juga dikenal sebagai perilaku nonverbal untuk kalimat 'Aku menyukaimu' kepada pasangan.



Simak Video "Ramai Soal Reynhard Sinaga, Ini Ciri-ciri Predator Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)