Minggu, 12 Jan 2020 21:00 WIB

5 Alasan Pria Sulit Ereksi, Salah Satunya Sering Masturbasi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
5 alasan penis susah ereksoi, bisa karena masturbasi. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Sebagian pria mungkin pernah mengalami sulit ereksi saat akan melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Tapi, keadaan seperti ini bukan berarti menandakannya mengalami disfungsi ereksi. Hal ini tidak hanya terjadi pada pria yang lebih tua, bahkan generasi milenial juga bisa mengalaminya.

Seorang ahli urologi di Orlando Health, dr Jamin Brahmbhatt, MD, mengatakan ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan pria di usia muda sulit untuk ereksi. Ia menyebutkan salah satunya adalah terlalu sering melakukan masturbasi.

Dikutip dari Men's Health, 5 alasan ini bisa jadi penyebab pria sulit ereksi.


1. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol

Saat stres, beberapa pria menjadikan alkohol sebagai pelampiasannya. Tapi, jika mengkonsumsinya terlalu banyak bisa menghambat penis kamu untuk ereksi. dr Brahmbhatt mengatakan, alkohol akan mengurangi aliran darah ke penis dan tidak bisa membuatnya 'keras'.

2. Bisa terjadi saat berhubungan dengan orang baru

Hal ini bisa terjadi saat seorang pria menikah lagi dengan wanita lain. Menurut dr Brahmbhatt, ini dipengaruhi oleh faktor psikologi seseorang seperti tidak yakin bisa memuaskannya, ukuran penis yang tidak seperti pria lain, atau pernah mengalami pengalaman seks yang buruk sebelumnya.

Kondisi seperti itu juga bisa membuat tubuh stres tinggi hingga membuat kemampuan untuk memuaskannya terhambat.

3. Merasa terlalu stres

Jika kamu merasa terlalu stres saat bekerja, bisa jadi salah satu penyebab penismu sulit ereksi dengan baik. Saat stres, kadar kortisol dalam tubuh akan meningkat. Ini dapat menghambat hormon testosteron, membunuh libido, dan akhirnya sulit ereksi.

"Stres bisa membuat kamu lelah secara mental dan fisik. Saat kamu stres, tubuh akan mencoba memobilisasi seluruh energi kamu ke organ tubuh fungsional utama. Tapi, penis akan menjadi yang terakhir dan hanya mendapat sedikit dari energi tersebut," jelas dr Brahmbhatt.

4. Adanya efek obat-obatan

Selain dampak psikologi, obat-obatan ternyata juga bisa membuat penis susah ereksi. Menurut Direktur Medis Preston Robert Tisch Centre for Men's Health, dr Steven Lamm, MD, obat yang bisa menyebabkan sulit ereksi diantaranya obat hipertensi tertentu, beta-blocker, dan diuretik.

Hal itu menyebabkan adanya gangguan pada sistem saraf simpatik dan dinding pembuluh darah yang menurunkan aliran darah ke penis berkurang. Obat-obatan lain yang bisa menyebabkan keadaan ini antara lain, antidepresan dan inhibitor reuptake serotonin yang bisa menurunkan kadar testosteron kamu. Bahkan bisa menunda ejakulasi.

5. Keseringan masturbasi

Saat kamu merasa bergairah sedangkan pasangan sedang lelah, hal yang dilakukan para pria biasanya adalah melakukan masturbasi. Jika terlalu sering melakukannya, dr Brahmbhatt mengatakan kamu akan sulit mempertahan ereksi bahkan ejakulasi.

"Umumnya, rata-rata pria memiliki periode refraktori atau ereksi setelah orgasme 30 menit. Tetapi beberapa pria mungkin hanya membutuhkan 10 menit atau hingga satu atau dua jam untuk ereksi kembali. Jadi, kurangi kebiasaan ini jika ingin penismu lebih mudah untuk ereksi," katanya.



Simak Video "Seks Aman Saat Pandemi Corona Bersama dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/sao)