Selasa, 14 Jan 2020 23:03 WIB

Malas Bercinta padahal Punya Pasangan? Ini Efeknya Bagi Kesehatan

Nurul Khotimah - detikHealth
Bagi yang punya pasangan, rutin bercinta memiliki banyak manfaat (Foto: iStock)
Jakarta - Rutin berhubungan seksual dengan pasangan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bagi kamu yang rutin bercinta, setidaknya seminggu sekali dipercaya dapat memperpanjang usia lho.

Tapi bagaimana jika kamu tidak melakukan hubungan seks yang teratur atau tidak melakukannya sama sekali? Beberapa efek kesehatan mungkin ditimbulkan karena kamu malas bercinta. Berikut beberapa faktanya, dirangkum dari The Health:

1. Akan ada penurunan libido
Beberapa orang mungkin akan mengalami kehilangan gairah bercintanya. kehilangan gairah bercinta juga ikut menyebabkan penurunan kadar libido di tubuh.

"Untuk beberapa orang yang menahan diri dari seks , mereka mulai merasa lamban dengan vitalitas dan kurang gairah untuk bercinta," kata Sari Cooper, LCSW, terapis seks bersertifikat.

2. Kamu mungkin merasa lebih sedih
Saat kamu mulai berhenti berhubungan seks dengan pasangan, suasana hatimu mungkin saja menjadi lebih sedih. Hal ini kerena seks adalah bagian fisik juga bagian mental. Ketika orang berhubungan seks, mereka bisanya melakukan kontak fisik dan ini adalah cara terbaik manusia untuk menghibur satu sama lain.

Menurut Cooper, hubungan seksual memberi pasangan lebih banyak sentuhan dan dapat mengatur suasana hatinya melalui pelepasan hormon oksitosin. Meski ada keterkaitan antara aktivitas seks dan mental, ini bukan hubungan sebab akibat.

"Jika kamu adalah orang yang sehat dan kamu berhenti berhubungan seks, kamu tidak akan menjadi depresi karenanya," kata Lauren Streicher, MD, penulis Sex Rx: Hormones, Health, and Your Best Sex Ever Ever.

3. Pelumasan berkurang
Bagi wanita yang lebih tua, vagina juga bisa mengalami kesulitan dilumasi saat berhubungan seks. Ini berarti jika kamu dan pasangan jarang berhubungan seks, kemungkinan melakukannya kembali akan sulit dilumasi. Hal ini mungkin akibat bertambahnya usia membuat berkrangnya hormon estrogen.



Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]