Jumat, 24 Jan 2020 06:25 WIB

5 Mitos Soal Payudara, Benarkah Sering Diremas Bikin Besar?

Firdaus Anwar - detikHealth
Ada banyak mitos menyesatkan tentang payudara (Foto: ilustrasi/thinkstock)

3. Payudara besar artinya gairah seks tinggi

Dalam beberapa film khusus dewasa, kerap kali aktris utamanya digambarkan sebagai sosok bertubuh sintal dengan payudara besar. Sehingga banyak yang berpikir payudara besar identik dengan nafsu seks yang besar.

Androlog dari RSUP Fatmawati, dr Nugroho Setiawan, SpAnd, menegaskan bahwa hal itu keliru.

"Nggak ada relevansinya. Gairah bercinta kan dipengaruhi banyak faktor seperti hormon, kebugaran tubuh, pengalaman seksnya. Kalau dia trauma hubungan seks akan terasa menakutkan dan menyakitkan, tapi kalau bercinta memberikan pengalaman yang baik ya dia tidak takut bercinta," kata dr Nugroho beberapa waktu lalu.

4. Olahraga perbesar payudara

Wanita yang ingin memperbesar payudara dengan olahraga sebaiknya berhenti. Pakar mengatakan hal tersebut percuma, ukuran payudara tidak akan membesar meskipun kamu sering olahraga.

"Payudara terdiri dari jaringan, bukan otot. Memperkuat otot payudara tidak membuat ukuran payudaramu membesar," ujar Dawn Kenney, pakar kesehatan payudara.

5. Payudara besar bikin punggung bengkok

Ukuran payudara yang besar kadang dipercaya dapat membuat tulang punggung rentan bengkok (skoliosis) akibat beratnya. Hal ini dibantah oleh Lebana Simanihuruk, pakar penyakit skoliosis dari Jakarta.

Menurut Lebana tidak mungkin seseorang kena skoliosis hanya karena payudaranya yang besar. Skoliosis memang lebih rentan terjadi pada wanita, tapi faktor penyebabnya adalah komposisi otot wanita yang lebih sedikit dari pria.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fds/up)