Selasa, 04 Feb 2020 22:16 WIB

Mengenal Peyronie, Penyebab Mr P Melengkung Seperti Pisang

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Size matters. Big banana contest. Penyebab Mr P melengkung seperti pisang (Foto: iStock)
Jakarta -

Kebanyakan pria memilih menghindar untuk melakukan seks, karena mengidap penyakit 'peyronie'. Apa itu peyronie? Peyronie ditandai dengan kondisi penis yang tidak normal, yaitu bentu penis yang melengkung.

Mengutip Health, kondisi peyronie sebagian besar banyak menyerang pria paruh baya. Tetapi pria berusia 20 sampai 30 tahun pun tetap berisiko terkena penyakit ini.

Penis berbentuk melengkung akibat kondisi peyronie bisa bermacam-macam, ada yang melengkung ke arah samping, adapula yang melengkung ke atas maupun ke bawah. Tergantung tingkat keparahan orang tersebut. Namun tentu kondisi ini membuat penis terasa sangat menyakitkan.

Apa yang membuat orang bisa terkena penyakit ini?

Para ahli sebenarnya belum mengetahui persis penyebab pasti penis pria melengkung. Beberapa menganggap munculnya penyakit ini karena ada luka sebelumnya pada penis.

Beberapa kemungkinan lain seperti kecelakaan saat sedang berolahraga, atau melakukan aktivitas seksual yang berlebihan pun bisa menjadi penyebab munculnya luka kecil pada penis yang diikuti pembengkakan.

David Shin, MD, Kepala Pusat Kesehatan dari Hackensack University Medical Center di New Jersey, mengatakan para pria biasanya tidak mengingat peristiwa khusus apa pun yang mungkin menyebabkan penyakit ini muncul. Menurutnya, hubungan seksual yang agresif adalah penyebab umum.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)