Kamis, 06 Feb 2020 21:00 WIB

5 Hal yang Bisa Sebabkan Ereksi Mr P Sulit Bertahan Lama

Firdaus Anwar - detikHealth
Banana peeled Masalah ereksi bisa jadi kekhawatiran pria. (Foto: iStock)
Jakarta -

Ereksi penis yang kuat dan tahan lama penting agar momen bercinta dengan pasangan bisa berjalan lancar. Namun demikian kadang seorang pria bisa mengalami masalah ereksi (disfungsi ereksi) dan tidak tahu apa penyebabnya.

Untuk diketahui para ahli biasanya menghitung kekuatan ereksi penis seorang pria dalam erection hardness score (EHS) yang terbagi atas 4 tingkat. Ereksi tingkat pertama digambarkan penis membesar tapi masih lembek, ereksi tingkat dua penis mulai keras tapi tidak cukup untuk penetrasi, ereksi tingkat tiga keras seperti sosis, hingga ereksi tingkat empat keras seperti timun.

Apa saja yang bisa memengaruhi atau menyebabkan penis kesulitan untuk mempertahankan kekerasan ereksi ini? Berikut rangkuman detikcom dari berbagai sumber:

1. Stres

Agar penis bisa ereksi maksimal gairah seorang pria untuk bercinta juga harus tinggi. Hal ini kadang bisa terganggu oleh faktor kejiwaan akibat misalnya terpikir masalah pekerjaan, ekonomi, hingga hubungan sosial.

Bila seorang pria bisa mengatasi sumber kegelisahannya, maka masalah ereksi ini biasanya bisa hilang sendiri.

2. Gemuk

Kegemukan disebut beberapa ahli bisa jadi penyebab masalah ereksi tahan lama. Alasannya karena kelebihan lemak dalam tubuh disebut dapat menyebabkan sirkulasi darah ke penis terganggu dan juga mengurangi hormon testoteron.

"Jika Anda tidak bisa melihat penis Anda, berarti ada masalah," kata Kevin Billups, MD, urolog dari University of Minnesota.

3. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat berkontribusi menimbulkan masalah ereksi karena disebut beberapa studi dapat meningkatkan risiko terjadinya atherosclerosis (pembuluh arteri tersumbat plak, lemak, dan kolesterol). Ketika aliran darah ke penis terganggu maka ereksi juga tidak akan maksimal.

4. Sakit gusi

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa masalah gusi juga bisa berhubungan dengan disfungsi ereksi. Peneliti yakin disfungsi ereksi dan penyakit gusi saling berhubungan karena disebabkan jenis peradangan yang sama di pembuluh darah.

Penelitian terbaru di University of Granada, Spanyol. Menurut penelitian tersebut, pria dengan penyakit gusi kronis punya risiko 2 kali lipat mengalami disfungsi ereksi.

5. Anomali struktur penis

Kadang masalah disfungsi ereksi juga bisa disebabkan oleh anomali pada struktur penis. Contohnya penis yang bengkok karena penyakit peyronie mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan ereksi yang optimal.

Penyakit peyronie adalah sebutan untuk kondisi ketika penis bengkok ke atas atau ke samping akibat jaringan adanya plak di bawah kulit.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)