Minggu, 09 Feb 2020 18:56 WIB

Pelajari Perilaku Seks, Ilmuwan Ciptakan 'Sex Dolls' untuk Penyu Dewasa

Siti Masluha - detikHealth
Two red-eared slider turtles face to face. Ahli biologi ciptakan boneka seks untuk penyu dewasa (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang ahli biologi menggunakan printer 3D untuk membuat satu set 'boneka seks' penyu betina untuk menggoda penyu jantan.

Percobaan ini menggunakan jenis penyu peta utara, yang telah terdaftar sebagai spesies yang terancam punah oleh pemerintah Kanada. Spesies ini dikenal memiliki perbedaan ukuran antara jantan dan betina. Penyu peta utara betina biasanya memiliki berat hingga 6,5 pon, sedangkan penyu jantan berukuran lebih kecil dan biasanya tidak lebih dari 0,7 pon.

Gregory Bulte seorang profesor biologi di Universitas Carleton di Ottawa, Kanada, berfikir bagaimana perbedaan ukuran ini dapat mempengaruhi proses perkawinan penyu. Jika penyu jantan bertemu dengan beberapa penyu betina dengan perbedaan ukuran, maka ia harus memilih untuk melakukan perkawinan dengan penyu betina yang lebih besar.

Bulte dan timnya menggunakan printer 3D untuk membuat dua 'boneka seks' betina untuk menguji reaksi dari penyu jantan dalam masa perkawinan yang biasa terjadi saat musim dingin. Satu boneka sedikit lebih kecil dari rata-rata ukuran penyu betina, dan yang lainnya memiliki ukuran yang hampir sama dengan penyu betina terbesar yang pernah tercatat.

Penyu biasanya akan melakukan perkawinan sekali pada awal musim dingin dan sekali lagi pada akhir musim dingin. Tim menaruh dua boneka penyu seks di dekat daerah biasanya mereka melakukan proses perkawinan dan memasang kamera bawah air untuk memantau semua aktivitas yang mereka lakukan.

Selama sembilan hari tim ahli menempatkan boneka ke dalam air di pagi hari dan kemudian mengambilnya kembali di malam hari untuk melihat hasil rekaman hari itu. Pada hari kesembilan, terlihat jelas bahwa penyu jantan lebih tertarik pada boneka seks betina yang berukuran lebih besar.

Mereka lebih sering menghampiri boneka seks betina yang berukuran lebih besar dari boneka seks berukuran kecil dan lebih banyak percobaan yang dilakukan untuk melakukan perkawinan dengan boneka seks yang berukuran lebih besar.



Simak Video "Gejala Infeksi Corona COVID-19 Tak Biasa yang Perlu Diwaspadai"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)