Rabu, 12 Feb 2020 21:00 WIB

Geger Mayat Pria-Wanita di Baturraden, Seks Bisa Picu Serangan Jantung?

Siti Masluha - detikHealth
Kamar tempat pasangan selingkuh tewas di Baturraden Tempat pasangan pria-wanita yang ditemukan meninggal. Foto: Dok. Polresta Banyumas
Jakarta -

Pasangan pria-wanita ditemukan meninggal di Baturraden, Jawa Tengah. Polisi meyakini, keduanya mengalami serangan jantung seusai berhubungan badan.

"Kondisinya memang sudah selesai mandi, dari posisinya laki-lakinya pakai sarung dan baju koko, tapi tidak menggunakan pakaian dalam. Perempuan pakai daster tipis tapi tidak menggunakan dalaman," Papar Kasat Reskrim Polresta Banyumas, AKP Berry kepada detikcom, Rabu (12/2/2020).

Berhubungan seks sebenarnya merupakan kegiatan yang normal dalam kehidupan manusia. Tetapi bagi para pengidap penyakit jantung, berhubungan seks bisa menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Mengapa?

Menurut penelitian, berhubungan seks dapat meningkatkan kemungkinan terkena serangan jantung. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa pengidap penyakit jantung memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung satu jam setelah berhubungan seks dibandingkan dengan mereka yang tidak berhubungan seks. Bagi mereka yang jarang berolahraga risikonya meningkat empat kali lipat.


Para ilmuwan di Karolinska Institute, di Stockholm, Swedia melakukan studi dengan mewawancarai 650 orang yang dirawat di rumah sakit dengan penyakit serangan jantung. Hampir setengahnya adalah laki-laki yang berusia 45 sampai 60 tahun. Beberapa di antara mereka adalah orang yang berhubungan seks sekitar dua jam sebelum terkena serangan jantung.

Menurut penelitian sebelumnya, sekitar satu dari 100 orang yang terkena serangan jantung disebabkan oleh aktivitas seksual, yaitu ketika detak jantung meningkat hingga 120 kali per menit dan tekanan darah naik.

Namun, Anda tidak perlu takut untuk berhubungan seks dengan pasangan karena para ilmuwan menyimpulkan bahwa berhubungan seks sekali dalam seminggu tidak memiliki risiko terkena serangan jantung. Walaupun berhubungan seks dapat meningkatkan risiko serangan jantung tapi kemungkinannya sangat kecil.

Dan untuk mengurangi risiko serangan jantung saat berhubungan seks, Anda bisa melakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)