Kamis, 13 Feb 2020 22:30 WIB

Miss V Bisa Kendur Lho, Ini Caranya Biar Awet Muda

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi vagina Ilustrasi miss v. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Bukan cuma wajah yang bisa menua, vagina juga bisa kendur lho kalau nggak dirawat. Ahli kesehatan seksual wanita dan peremajaan vagina, Karen Boyle MD membenarkan hal tersebut. Vagina jika tidak dirawat dengan benar, bisa bernasib sama seperti area kulit lain yang mulai menimbulkan tanda-tanda penuaan.

Kendurnya vagina ternyata bisa terjadi di umur 20-an. Menurut Boyle, penuaan yang terjadi di area vagina diakibatkan karena bagian lemak di atas bibir vagina mulai berkurang.

"Area-area itu bisa mulai melorot, volumenya (lemaknya) berkurang. Sama seperti payudara atau wajah pada saat bertambah usia," katanya, dikutip dari Health.

Hal yang sama disampaikan ahli ginekologi, Marco Pelosi. Menurutnya, ketika mendekati menopause, lapisan vagina akan menipis, aliran darah berkurang, dan otot-otot dasar panggul melemah.

Namun beberapa hal ini dipercaya dapat mengatasi vagina yang kendur. Berikut tipsnya:

1. Jaga berat badan

Menjaga berat badan bisa membuat vagina awet muda. Namun menjaga berat badan bukan berarti harus membuat badanmu terlihat begitu kurus.

"Yang tak kalah penting adalah menjaga berat badan yang sehat. Jika sangat kurus, bagian vagina juga dapat terlihat mengendur, sama seperti wajah saat mengalami penuaan. Kami juga melihat wanita yang berusia 35 tahun yang terlihat jauh lebih tua karena mereka tidak memiliki lemak di wajah mereka," kata Boyle.

2. Scrub daerah vagina

Menscrub daerah vagina dengan dengan scrub yang memiliki partikel halus, bisa meremajakan kulit vagina seperti sedang exfoliating pada wajah. Namun perlu diingat, kandungan produk yang digunakan tidak boleh mengandung bahan kimia yang terlalu keras, karena daerah vagina begitu sensitif.

3. Berhubungan seks dengan posisi di atas

Berhubungan seks dengan posisi di atas dapat melatih mengencangkan otot vagina. Mengapa begitu? Karena ketika berada di posisi atas saat sedang berhubungan seks, kamu terlatih untuk mengendalikan kecepatan dan intensitas dorongan saat bercinta. Selain itu, Boyle juga menyebut posisi ini nyaman untuk wanita.

4. Intens bercinta

Intens bercinta disebut dapat membuat kulit di area vagina awet muda. Hal ini disebabkan oleh peningkatan darah, dan stimulasi yang terjadi di area vagina. Menurut Boyle, aliran darah sangat penting untuk orgasme. Ditambah lagi, air mani juga disebut memiliki efek anti aging karena hormon, asam lemak, dan senyawa anti inflamasi-nya.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)