Senin, 17 Feb 2020 19:00 WIB

Apa yang Bikin Seks Terasa Menyenangkan? Riset Ini Mengungkap Jawabannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi pasangan bercinta Kenapa seks terasa menyenangkan? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Kebanyakan orang biasanya akan merasa senang dan bahagia setelah bercinta. Apalagi jika melakukannya bersama orang atau pasangan yang sangat Anda cintai.

Tapi, apa Anda tahu apa sih yang bikin bahagia setelah berhubungan seks?

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology, perasaan senang, bahagia, bahkan hangat setelah berhubungan seks bukan hanya karena kegiatan itu sendiri. Tapi, itu juga disebabkan karena adanya rasa dekat secara emosional dengan pasangan Anda.

Rasa senang dan bahagia itu bisa muncul karena pelukan romantis saat tidur pasca-seks. Hal ini juga telah diteliti dengan melibatkan 335 orang secara acak.


Dikutip dari Maxim, mereka disurvei berdasarkan frekuensi seks, kepuasaan, dan banyaknya sentuhan kasih sayang yang diberikan. Sentuhan itu termasuk juga berciuman hingga berpelukan setelah seks.

Hasilnya, pasangan yang banyak melakukan sentuhan kasih sayang saat berhubungan seks memiliki rasa senang dan bahagia yang lebih tinggi daripada yang hanya sering berhubungan seks.

"Seks tidak hanya menguntungkan secara fisiologis atau hedonisnya. Tapi, karena adanya hubungan kasih sayang yang kuat dan berpikir lebih positif terhadap pasangannya lah yang membuat seks itu menyenangkan," kata peneliti seks, Anik Debrot.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)