Selasa, 18 Feb 2020 21:49 WIB

Manfaat yang Bisa Didapat Jika Pasangan Rutin Bercinta

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
fantasi seksual Rutin bercinta banyak memberikan manfaat sehat (Foto: iStock)
Jakarta -

Tidak hanya untuk memuaskan hasrat seksual, bercinta atau berhubungan seks juga bagus untuk kesehatan. Pelepasan hormon tertentu saat orgasme membuat tubuh jadi makin kebal terhadap penyakit.

Dikutip dari Everyday Health, sebuah studi di American Journal of Cardiology menemukan bahwa berhubungan seks sebanyak dua kali dalam seminggu, bisa menekan risiko penyakit jantung. Ini jauh lebih baik daripada pasangan yang bercinta kurang dari dua kali atau bahkan tidak sama sekali melakukannya.

"Seks adalah latihan aerobik yang baik untuk kesehatan jantung," kata spesialis jantung di Fairview Hospital, Amerika Serikat, dr Dean Nukta.

dr Nukta mengatakan seks dan jantung saling berkaitan. Jika Anda memiliki jantung yang sehat, pasti aktivitas seks akan berjalan dengan lancar.

Hal ini terjadi karena adanya pengurangan kandungan homosistein, sebuah zat kimia yang mengandung asam amino yang sering ditemukan dalam darah. Jika jumlah homosistein tinggi, maka akan terjadi penyumbatan darah hingga memicu serangan jantung.

Tidak hanya bagus untuk jantung, menjaga rutinitas bercinta juga punya fungsi lainnya, yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah

Hal ini berlaku pada wanita. Saat wanita orgasme, dr Nukta mengatakan bisa merangsang pelepasan hormon oksitosin. Itu bisa memberikan efek langsung untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya hipertensi.

2. Meredakan stres

Selain baik untuk jantung dan termasuk olahraga yang menyehatkan, bercinta juga punya manfaat lain. Dengan seks, bisa menjadi cara untuk relaksasi atau bersantai. Sehingga pikiran tenang dan jantung tetap sehat.

Jika Anda sering stres atau mudah emosi, akan berpeluang lebih besar mengalami risiko jantung.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)