Rabu, 19 Feb 2020 19:30 WIB

Masukkan Timun ke Miss V Agar Bersih, Aman Nggak Ya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi vagina Bersihkan miss V dengan mentimun. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Ada cara aneh yang dipercaya sebagian wanita untuk membersihkan area vagina. Pertama-tama, kupas mentimun, dan masukkan begitu saja ke dalam miss v, lalu diputar selama 20 menit. Meski katanya 'ampuh', jangan pernah mencoba hal ini ya.

Membersihkan area vagina dengan cara seperti itu sangat tidak direkomendasikan. Berikut beberapa alasan mengapa kamu tak perlu membersihkan vagina dengan mentimun, dikutip dari Health:

1. Vagina tidak kotor

Tak perlu repot-repot bersihkan vagina dengan cara ekstrem memasukkan mentimun ke vagina. Faktanya vagina tidak sekotor yang kamu bayangkan, kok. Cukup bilas vagina dengan menggunakan air biasa saja agar tidak menghilangkan keseimbangan pH-nya.


2. Sebagian pembersih bisa merusak bakteri baik

Berbagai penelitian mengungkap kalau pembersih, cuka, produk penyeimbang pH, sangat berpotensi merusak bakteri baik. Alih-alih membersihkan vagina, faktanya kamu malah berisiko lebih tinggi terkena gonore atau HIV.


3. Tidak ada bahan yang dapat menyeimbangkan pH vagina

Meskipun beberapa produk mengklaim dapat mengembalikan keseimbangan pH vagina, ahli kandungan, Jen Gunter, MD, menyebut pH lebih optimal jika diatasi oleh bakteri baik. Jadi jika kamu mencoba untuk membersihkan area vagina secara ekstrem seperti menggunakan mentimun, kamu malah akan merusak keseimbangan pH pada vagina tersebut.


4. Mentimun rentan terhadap semua jenis jamur yang jahat

Menurut para peneliti, mentimun rentan terhadap semua jenis jamur yang jahat. Menurut Jen akan sangat berbahaya jika jamur tersebut masuk ke dalam area vagina. Maka dari itu sangat berbahaya jika mengikuti cara membersihkan vagina dengan mentimun.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)