Sabtu, 22 Feb 2020 19:00 WIB

5 Manfaat Kesehatan Melakukan Masturbasi Bagi Pria dan Wanita

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
ilustrasi masturbasi Manfaat masturbasi untuk pria dan wanita. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Aktivitas seksual seperti masturbasi disebut beberapa ahli sebagai hal yang sehat dan normal. Selain itu masturbasi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Beberapa orang melakukan masturbasi secara teratur untuk kesenangan, eksplorasi seksual, atau untuk bersenang-senang. Namun demikian ada beberapa manfaat yang didapat dari masturbasi seperti dikutip dari Healthline:

1. Meringankan stres

Ketika dilanda stres, masturbasi dapat membantu dalam mengurangi stres yang cukup signifikan. Karena ketika masturbasi tubuh mengeluarkan hormon oxytocin dan prolactin yang membuat tubuh merasa lebih tenang.

2.Tidur lebih nyenyak

Dengan masturbasi seseorang yang memiliki masalah tidur dapat teratasi. Karena setelah melakukan masturbasi sistem saraf yang tegang menjadi lebih santai. Sehingga seseorang akan tenang dan cepat terlelap.

3. Mecegah kanker prostat

Melakukan masturbasi hingga ejakulasi dapat mencegah resiko kanker prostat. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa resiko kanker prostat menurun sekitar 20 persen pada pria yang mengalami ejakulasi setidaknya 21 kali sebulan. Studi 2003 juga menemukan hubungan serupa mengenai ejakulasi yang sering dan resiko kanker prostat yang lebih rendah.

4. Meningkatkan mood

Aktivitas seksual seperti masturbasi dilakukan dengan tujuan menyenangkan diri sendiri. Saat masturbasi tubuh mengeluarkan dopamin. Oleh karena itu dapat meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik.

5. Meringankan kram

Bagi wanita melakukan masturbasi dapat membantu melepaskan ketegangan pramenstruasi dan beberapa ketidaknyamanan fisik seperti kram. Dengan masturbasi juga dapat meningkatkan aliran darah ke daerah pinggul, sehingga membantu mengurangi sakit punggung dan kram panggul.



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)