Senin, 24 Feb 2020 22:20 WIB

5 Tips Agar Sperma Lebih Kuat dan Lincah Berenang

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi sperma Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Sperma sehat adalah sperma yang bisa berenang menembus sistem pertahanan saluran reproduksi wanita dengan lincah untuk membuahi sel telur. Sayangnya, beberapa kondisi dapat merusak sperma hingga membuatnya lemot tak berdaya.

Untuk itu ada beberapa hal yang diketahui bisa membantu memperbaiki kualitas sperma agar jadi lebih kuat. Dikutip dari Healthline, berikut beberapa contohnya:

1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan seperti daging yang sudah diproses, piza, gula, dan camilan tinggi lemak lain disebut dapat meningkatkan mortalitas sperma.

Untuk meningkatkan kesehatan sperma disarankan mengonsumsi makanan yang tinggi Vitamin C dan B12 sebagai antioksidan. Selain itu disarankan juga mengonsumsi kacang-kacangan seperti walnut atau hazelnut karena disebut dalam studi dapat meningkatkan jumlah sperma sampai 16 persen dalam 14 minggu.

2. Rutin olahraga

Studi tahun 2005 menemukan kombinasi antara aktivitas fisik yang rendah dan indeks massa tubuh (IMT) yang tinggi bisa berkontribusi terhadap buruknya kualitas sperma. Mencegahnya cukup dengan mulai menerapkan olahraga ringan rutin seperti misalnya 20 menit jalan kaki setiap hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2