Kamis, 27 Feb 2020 19:30 WIB

4 Alasan Lebih Baik Kamu Tidur Tanpa Busana Malam Ini

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
tidur telanjang - partner Alasan mengapa kamu harus tidur telanjang malam ini. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Terbiasa tidur menggunakan busana? Baiknya kamu coba kebiasaan baru mulai malam ini. Sebab para ahli mengatakan beragam manfaat bisa didapat ketika kita tidur tanpa busana.

Mengutip Medical Daily, ada beberapa manfaat tidur tanpa menggunakan pakaian yang bermanfaat bagi kesehatan seperti berikut:

1. Tidur lebih nyaman

Ketika orang tertidur, mereka tidak akan sadar kapan tepatnya ia tertidur pulas. Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Neurology menemukan ketika lingkungan tidur memiliki suhu yang sesuai, ini membantu tubuh nyaman untuk tidur. Nah hal ini bisa kita dapatkan saat tidur tanpa busana. Tidur telanjang menghindari tubuh dari rasa 'panas' dan tentu membuat tidur lebih nyaman.

2. Awet muda

Tidur tanpa busana dapat membuat orang awet muda. Hal ini dijelaskan sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Sleep terkait dengan hormon pertumbuhan. Mempertahankan suhu ruangan yang rendah dapat meningkatkan hormon anti aging dan hormon pertumbuhan sehingga hasilnya disebut akan awet muda.

3. Menurunkan berat badan

Pada malam hari produksi hormon pertumbuhan meningkat dan hormon stres menurun. Mulai jam 10 sampai jam 2 pagi ketika sedang beristirahat, kortisol yaitu hormon stres berada pada titik terendah. Pada pagi hari setelah bangun, kadar kortisol mencapai titik tertinggi dan memberi kita banyak energi. Jika tidak mendapatkan istirahat yang baik, dapat berdampak pada selera makan yang menyebabkan makan berlebihan.

4. Seks menjadi lebih baik

Tidur tanpa busana dengan pasangan Anda dapat membantu pelepasan hormonoksitosin. Pertemuan kulit dengan kulit akan meningkatkan respon seksual dan orgasme. Dokter FranWalfish, selakupsikoterapis, mengatakan "ketika Anda dan pasangan tidur telanjang, kontak kulit ke kulit akan melepaskan hormon perasaan yang baik".



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)