Kamis, 27 Feb 2020 21:00 WIB

5 Reaksi yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Ketika Berciuman

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi seks oral Reaksi yang bisa terjadi pada tubuh ketika berciuman. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Pernahkah hatimu berdebar ketika menonton adegan ciuman di dalam film? Melihatnya saja sudah menyenangkan, apalagi kalau dilakukan secara langsung.

Saat seseorang sedang berciuman, sel-sel di dalam tubuh akan bereaksi. Dikutip dari Women's Health, berikut ini adalah 5 reaksi yang terjadi pada tubuh ketika berciuman.

1. Membakar kalori

Bibir 200 kali lebih sensitif daripada ujung-ujung jari. Sementara itu, aroma tubuh pasangan yang tercium ketika berciuman dapat memancarkan daya tarik yang meningkatkan gairah seksual.

Ciuman singkat hanya memerlukan beberapa jenis otot, tetapi ciuman yang penuh gairah akan melibatkan 24 otot wajah dan 100 otot lain yang tersebar di seluruh tubuh. Hal inilah yang membuat ciuman panas dapat membakar hingga 100 kalori di dalam tubuh.

2. Tingkatkan aliran darah

Apabila kamu benar-benar tertarik dengan pasanganmu, ciuman akan menghasilkan gelombang listrik untuk meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh tertentu. Efek yang ditimbulkan pun berbagai macam, seperti mengencangnya payudara, adanya rasa menggelitik di perut dan juga pada alat kelamin.

3. Produksi hormon adrenalin

Kelenjar adrenal yang terletak di atas ginjal ini akan melepaskan hormon adrenalin yang membuat hati terasa berdebar dan nafas menjadi berat ketika berciuman.

4. Dopamin di otak

Ketika berciuman, otak akan memproduksi hormon dopamin yang membuatmu menjadi lebih bahagia. Tak hanya itu, ciuman juga mendorong kelenjar di bawah otak untuk melepaskan oksitosin atau 'hormon cinta' yang akan mengikatmu dengan pasangan secara emosional.

5. Perbaiki suasana hati

Sudah menjadi rahasia umum bila ciuman bisa mengurangi ketegangan dan meningkatkan perasaan bahagia. Umumnya suatu hubungan akan menjadi lebih erat secara emosional jika sering berciuman.



Simak Video "Ternyata Ini Jumlah Kalori dalam Segelas Cheese Tea!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)