Jumat, 28 Feb 2020 20:00 WIB

4 Penyakit Infeksi yang Bisa Menular Lewat Ciuman

Deriel Akira Fadillah - detikHealth
Fakta ciuman 4 fakta penyakit infeksi yang bisa menular melalui ciuman. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Penyakit infeksi menular seksual (IMS) bisa saja terjadi saat berhubungan seks vaginal, anal, dan oral. Berciuman dengan seseorang juga dapat menimbulkan penyakit ini walaupun memang sangat rendah kemungkinannya.

Dikutip dari Medical Daily, berikut adalah 4 jenis infeksi yang dapat menyerang saat berciuman:

1. Herpes (HSV-1)

Virus herpes sangat mudah menular melalui kontak langsung atau kontak seksual.

HSV-1 atau disebut juga dengan herpes oral jenis 1 adalah infeksi yang paling umum menyebar melalui ciuman. Wanita dikatakan sangat rentan terkena infeksi ini dibanding pria.

Infeksi herpes akan lebih mudah terjadi jika ada luka pada bagian bibir atau mulut saat berciuman. Disarankan oleh pakar medis untuk mengecek dulu kesehatan mulut sebelum mencium seseorang.

2. Radang gusi

Radang gusi adalah bentuk penyakit gusi ringan. Biasanya karena terdapat bakteri yang membuat gusi menjadi radang dan ini bisa ditularkan dari kontak dengan air liur.

Menjaga kebersihan mulut menjadi sangat penting, seperti menyikat gigi dua kali sehari. Hal ini adalah cara perlindungan yang paling ampuh untuk terhindar dari peradangan pada gusi.

3. Mononukleosis

Mononukleosis lumayan terkenal sebagai penyakit karena ciuman. Penyakit ini disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV). Selain berciuman penyakit itu sebenarnya juga bisa tertular dari batuk, bersin, berbagi sikat gigi atau kacamata.

Infeksi ini dapat membuat seseorang mengalami gejala-gejala seperti kelelahan luar biasa, sakit pada tenggorokan, demam tinggi, hilangnya nafsu makan, dan pembengkakan gelenjar getah bening.

4. Sipilis

Sipilis sebenarnya memiliki kemungkinan yang rendah untuk menginfeksi tubuh lewat ciuman bila dibandingkan aktivitas seksual lain. Namun kemungkinan itu harus diketahui tetap ada.

"Sifilis adalah kondisi yang sangat menular dan salah satu tanda khasnya adalah berkembang luka di mulut," kata OB-GYN Antonio Pizarro di Medical Daily.



Simak Video "Ingat! Tetap Laksanakan Protokol Kesehatan Walau di Dalam Ruangan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)