Minggu, 01 Mar 2020 21:12 WIB

4 Manfaat Positif Sering Berciuman untuk Kesehatan

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
Fakta ciuman 4 fakta berciuman yang baik untuk kesehatan. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Pasangan yang menikah cukup lama cenderung melupakan sesuatu yang penting dalam suatu hubungan. Seperti halnya sentuhan mesra, ciuman dan berpelukan sebenarnya memberikan dampak kesehatan dan juga sekaligus mempererat hubungan dengan pasangan.

Berikut lima manfaat yang dapat ditimbulkan dari berciuman, seperti dikutip dari Reader's Digest.

1. Otot wajah menjadi kencang

Cara yang mudah untuk menjaga kulit tetap kencang adalah dengan berciuman. Riset menunjukkan bahwa ketika berciuman kamu menggunakan 30 otot sehingga bisa menjaga pipi tetap kencang.

2. Membakar kalori

Ingin membakar kalori? cobalah dengan berciuman. Sebuah penelitian menunjukkan berciuman dengan pasangan ternyata dapat membakar kalori setidaknya 2-6 kalori dalam satu menitnya.

3. Meningkatkan sistem imun

Berciuman dapat meningkatkan sistem imun bagi tubuh. Dalam jurnal Medical Hypotheses wanita yang sering berciuman kemungkinan kecil terhindar dari serangan Cytomegalovirus. Virus ini termasuk dalam keluarga penyakit herpes.

Infeksi cytomegalovirus pada ibu hamil dapat menyebabkan kebutaan untuk bayinya.

4. Meningkatkan kadar oksitosin

Dalam sebuah laporan ilmiah berciuman juga disebut bisa meningkatkan kadar oksitosin yang membantu menenangkan tubuh dan juga meningkatkan endorfin. Berciuman juga dikaitkan dengan penurunan hormon kortisol yang berdampak pada penurunan stres.



Simak Video "Bisakah Agama Bantu Atasi Stres?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)