Minggu, 01 Mar 2020 23:23 WIB

Mengapa Bisa Timbul Jerawat Pada Miss V? Ini Alasannya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Mengapa bisa timbul jerawat pada vagina? (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Jerawat nggak cuma bikin jengkel karena muncul di wajah. Beberapa wanita juga bisa memiliki jerawat di area vagina mereka.

Jerawat di area vagina tentu bikin nggak nyaman. Mengapa sih bisa timbul jerawat di sekitar vagina?

Timbulnya jerawat bisa terjadi saat kulit di area vagina mengalami iritasi dan meradang. Hal ini biasanya berpotensi terjadi ketika kamu selesai waxing, tidak mengganti celana dalam berhari-hari, atau sehabis olahraga kamu tidak langsung mengganti baju atau celana sehingga keringatmu terjebak dalam waktu yang lama.

dr Sherry Ross, MD, ahli kandungan, menjelaskan kelenjar keringat dan folikel rambut rentan membuat kotoran menumpuk di sekitar vaginamu. Hal itu lah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

"Kelenjar keringat dan folikel rambut (dekat vagina) rentan terhadap penumpukan kotoran seperti halnya area tubuh lainnya dengan rambut dan keringat," kata dr Ross, dikutip dari Health (1/3/2020).

Jika kamu memiliki jerawat pada vagina, dr Ross menyarankan untuk mengobatinya dengan produk jerawat yang biasa kamu pakai untuk wajah. Pastikan produk mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid yang ampuh mengatasi jerawat pada vagina.

Namun ia menegaskan pemakaian produk tersebut hanya boleh ditempatkan pada daerah berjerawat saja karena kulit vagina begitu sensitif. "Pastikan obat hanya diterapkan pada jerawat, karena obat-obatan jenis ini dapat membuat kulit vagina sangat kering," pungkas dr Ross.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)