Senin, 02 Mar 2020 22:45 WIB

Pria Harus Tahu! 4 Tips Ini Bisa Bikin Sperma Makin 'Tokcer'

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi sperma Tips meningkatkan kualitas sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Tahukah kamu bahwa setiap sperma itu memiliki kualitas yang berbeda? Ada yang berkualitas baik, dan juga sebaliknya.

Meski mengukur kualitas sperma itu tak mudah, ternyata ada lho cara ilmiah yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan sperma.

Berikut ini adalah 4 cara menghasilkan sperma berkualitas baik, seperti dikutip dari Men's Health.

1. Gemar makan ikan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University menemukan bahwa pria yang mengonsumsi ikan, memiliki jumlah sperma yang lebih banyak.

Tak hanya itu, kandungan nutrisi pada ikan juga dapat menjadi pelindung sperma. Penelitian menunjukkan pria yang rutin memakan ikan seperti tuna dan salmon, memiliki sperma yang lebih baik sekitar 65 persen dibanding mereka yang jarang makan ikan.

Hal ini disebabkan karena kandungan omega-3 yang tinggi pada ikan baik untuk memproduksi sperma.

2. Jangan pakai celana dalam ketat

Sebuah studi dari Inggris pada tahun 2012 menemukan bahwa pria yang mengenakan celana dalam ketat berisiko menghasilkan sperma yang tidak sehat.

"Celana dalam yang longgar, membuat suhu di skrotum lebih rendah dibanding celana dalam ketat. Inilah kenapa kualitas sperma bisa tetap terjaga," kata penulis penelitian, Andrew Povey, PhD.

3. Rajin berolahraga

Penelitian yang dilakukan di Harvard University menunjukkan bahwa pria yang rajin berolahraga setidaknya 15 jam seminggu, memiliki tingkat kualitas sperma 73 persen lebih tinggi dibanding mereka yang jarang olahraga.

Olahraga juga bermanfaat untuk menyalurkan antioksidan ke seluruh tubuh, sehingga bila dilakukan secara teratur dapat mencegah sel sperma dari radikal bebas.

4. Tidak mengonsumsi makanan panas dari plastik

Bisphenol-A (BPA) atau senyawa kimia dalam plastik ini bila bercampur dengan makanan, bisa memberikan efek buruk pada kualitas sperma.

Sebuah studi dari Denmark menemukan bahwa pria yang memiliki kadar BPA tinggi dalam urinnya memiliki kualitas sperma yang rendah.

Hal ini disebabkan karena BPA bisa mempengaruhi aktivitas estrogen dan androgen di testis, sehingga dapat menekan perkembangan sperma.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)