Selasa, 03 Mar 2020 21:00 WIB

5 Dampak Buruk Sering Masturbasi Bagi Kesehatan

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
Size matters. Big banana contest. Masturbasi yang terlalu sering bisa berdampak negatif. (Foto: iStock)
Jakarta -

Masturbasi adalah aktivitas seksual yang dilakukan dengan cara merangsang diri sendiri. Hal ini normal dilakukan dan yang terpenting selalu menjaga kebersihan.

Namun demikian, keseringan masturbasi juga bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan terlebih ketika masturbasi sudah menjadi rutinitas harian yang tak kenal waktu. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah dampak masturbasi:


1. Ejakulasi dini

Jika masturbasi menjadi rutinitas harian, maka ini rentan membuat stimulasi penis tidak terkontrol. Sehingga berisiko terhadap ejakulasi dini saat berhubungan intim.

2. Tidak bergairah saat bercinta

Sering masturbasi membuat pria terbiasa merangsang dirinya. Sehingga saat akan bercinta, membuat kamu tidak atau sulit merasa bergairah pada pasangan.

3. Iritasi penis

Intens melakukan masturbasi bisa menyebabkan masalah karena friksi yang terjadi bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Bukan hanya di sekitar penis, iritasi juga dapat terjadi terhadap tangan.

4. Mengganggu aktivitas sehari-hari

Salah satu dampak yang terjadi adalah gangguan aktivitas sehari-hari. Keinginan untuk melakukan masturbasi dapat membayang-bayangi pikiran sehingga menyebabkan kamu kehilangan konsentrasi saat bekerja dan menjadikan masturbasi sebagai bahan pelarian.

5. Menimbulkan perasaan bersalah

Orang yang melakukan masturbasi cenderung memiliki rasa bersalah. Kekhawatiran nantinya dapat menyebabkan gangguan psikis yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari juga.



Simak Video "Ikatan Dokter Anak Sarankan Sekolah Ditutup Sampai Desember 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)