Selasa, 03 Mar 2020 22:05 WIB

Dampak Negatif Kurang Tidur Terhadap Kehidupan Seks

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
ilustrasi tidur Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kurang tidur menyebabkan aktivitas menjadi tidak maksimal, demikian juga dapat berpengaruh terhadap kehidupan seks Anda. Sementara itu hubungan intim penting karena bisa menjadi solusi untuk mengembalikan mood baik dan membuat pasangan bisa saling terbuka

Jika merasa ada penurunan dalam kualitas seks Anda maka cobalah untuk tidur. Dalam sebuah studi tahun 2005 yang di terbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, wanita yang mendapatkan tidur yang cukup 14% lebih mungkin untuk memiliki kehidupan seks yang lebih baik dibandingkan mereka yang kurang tidur.

Mengutip dari Time of India, berikut 3 tiga hal tidur dapat mempengaruhi kehidupan seks Anda:

1. Ganggu keseimbangan hormon

Keseimbangan hormon Anda bisa sangat terganggu karena kurang tidur. Tidur berkaitan langsung dengan bagaimana hormon diatur dalam tubuh. Sebagai contoh tidur dapat menurunkan tingkat hormon kortisol yang bertanggung jawab terhadap respons stres.


2. Perubahan emosi

Stres memainkan peran besar dalam penurunan gairah seks. Ketika hormon terganggu maka seseorang juga akan lebih rentan mengalami stres dan menyebabkan libido menurun.

3. Tidak fokus

Fokus memberikan perhatian pada pasangan jadi kunci momen bercinta yang menyenangkan. Saat kurang tidur maka tingkat fokus akan berkurang sehingga kualitas seks juga terganggu.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)