Rabu, 11 Mar 2020 21:31 WIB

Benarkah Ukuran Mr P Bisa Memengaruhi Kesuburan Pria?

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
fantasi seksual Ukuran penis memengaruhi fertilitas? (Foto: iStock)
Jakarta -

Seberapa pentingkah ukuran penis? Hingga saat ini, tidak ada bukti bahwa ukuran penis secara langsung dapat memengaruhi kesuburan. Namun, studi yang dipublikasi di jurnal Fertility and Sterility 2018 menunjukkan penis kecil kemungkinan rentan terhadap masalah kesuburan.

Hal ini diketahui setelah peneliti melacak lebih dari 800 pria yang mengunjungi klinik kesehatan seksual selama periode tahun 2014-2017. Hasilnya, pria yang memiliki rata-rata panjang penis 12,5 cm lebih kesulitan memiliki anak daripada pria dengan rata-rata panjang penis 13,4 cm.

"Ini mungkin bukan perbedaan yang mencolok tetapi ada signifikansi statistik yang jelas," pungkas pemimpin peneliti dari Universitas of Utah di Salt Lake City, seperti dikutip dari Medical Daily.

Seorang profesor di Queen's University di Belfast, Sheena Lewis, mengkritik penelitian tersebut karena temuan itu masih prematur.

"Satu hal yang membuat pria takut adalah masalah ukuran, sekarang mereka memiliki peluang lebih kecil untuk menjadi seorang ayah, bukanlah pesan yang baik," Katanya.

Temuan ini bukan studi pertama yang mencari korelasi antara ukuran genital dan kesuburan. Beberapa tahun terakhir peneliti telah melakukan penelitian terhadap peran jarak anogenital distance (AGD) yang merupakan jarak dari titik tengah anus ke genitalia.

Shanna Swan, profesor bidang obstetri dan ginekolog dari Universitas Rochester, Amerika Serikat, mengatakan AGD berkaitan erat dengan jumlah cairan mani dan jumlah sel sperma.

Angka median AGD sekitar 2 inci atau 5,08 cm. Pria yang ukuran AGD-nya pendek memiliki risiko infertilitas tujuh kali lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang AGD-nya panjang.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)