Kamis, 12 Mar 2020 20:30 WIB

7 Fenomena Tak Lazim yang Kerap Mewarnai Puncak Kepuasan Bercinta

Ayunda Septiani      - detikHealth
ilustrasi pasangan orgasme 7 sensasi aneh setelah mencapai orgasme saat bercinta. Foto ilustrasi: thinkstock
Jakarta -

Bagi sebagian besar manusia, orgasme adalah proses pelepas kesenangan. Tapi jangan salah, sebagian orang orgasme menimbulkan beberapa efek samping yang tidak terduga lho, seperti halusinasi, menangis, atau bersin-bersin.

Orgasme bisa memberikan efek psikologis manusia seperti perasan cinta, kebahagiaan, dan relaksasi. Dikutip dari Daily Mail disimpulkan bahwa respons seksual manusia bisa sangat kompleks dan beragam. Berikut beberapa reaksi aneh yang terjadi setelah seseorang mengalami orgasme:

1. Menangis

Postcoital Dysphoria (PCD) atau Post Sex Blues adalah munculnya rasa sedih, depresi, cemas atau gelisah usai berhubungan intim. PCD merupakan hal yang umum dan sering terjadi dalam hubungan yang stabil.

2. Berhalusinasi

Menurut penelitian di Turki tahun 2011, lebih dari 50 wanita mengatakan mengalami respon seksual yang leluasa. Sebanyak 76 sampai 100 persen responden mengatakan mereka merasakan sensasi terbang.

Bukan hanya itu detikers, sekitar 75 persen dari mereka memiliki perasaan meninggalkan tubuhnya dan sampai 24 persen mencatat adanya rasa memasuki dunia kartun usai orgasme.

3. Bersin

Bersin setelah orgasme, menurut para ahli terjadi akibat pengaktifan satu bagian dari sistem saraf parasimpatis selama orgasme yang memicu cabang yang berbeda. Laporan yang menghubungkan bersin dengan orgasme sudah ada sejak 1900. Pada 1972, terdapat kasus yang menyatakan seorang pria berusia 59 tahun mengalami bersin dan pilek usai orgasme. Kejadian itu pun berlanjut hingga 10 tahun.

4. Muncul gejala seperti flu

Post orgasm illness syndrome merupakan efek samping orgasme yang mempengaruhi pria setelah ejakulasi. Para ahli mengatakan pria melaporkan kelelahan yang berlebih, kepanasan, dan keadaan seperti flu usai seks. Para ilmuwan menjelaskan bahwa tubuh dapat salah mengidentifikasi protein dalam air mani sebagai bisa menyebabkan meningkatnya respon sistem kekebalan tubuh sehingga merasa sakit.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]